Pengembangan metode bermain sains untuk meningkatkan hight order thingking skill (hots) anak usia dini

MUJIYATMI, MUJIYATMI (2023) Pengembangan metode bermain sains untuk meningkatkan hight order thingking skill (hots) anak usia dini. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
Text (halaman judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version

Download (574kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (410kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy

Abstrak

Anak Usia Dini atau AUD mempunyai masa emas yang merupakan perkembangan manusia yang sangat fundamental. karena di usia dini atau masa emas ini perkembangan intelektual fisik motorik, sosial, emosional, dan bahasa anak sedang berkembang sangat cepat dan pesat. Di usia 5-6 Sains harus dikenalkan sebagai bekal pengetahuan untuk pengalaman anak usia dini sebagai salah satu cara stimulasi tumbuh kembang anak. Pengenalan sains pada anak usia dini merupakan suatu upaya menumbuhkan pola pikir yang bersifat kritis, rasa ingin tahun yang sangat besar, ketelitian, eksplorasi untuk mencari jawaban atau pemecahan solusi dan berpikir teratur melalui kegiatan yang menyenangkan. Pengenalan sains sejak usia dini juga sebagai persiapan pembelajaran di tingkat yang lebih tinggi. Penelitian ini merupakan sebuah studi kepustakaan yang bertujuan untuk mengkaji kegiatan bermain sains sebagai metode yang efektif dalam penerapan pembelajaran sains untuk anak usia dini. Jenis -jenis kegiatan bermain sains yaitu: 1) bermain sains dengan media bahan bekas, 2) bermain sains dengan busa sabun dan 3) bermain sains dengan media air. 4) bermain sains dengan bahan alam, dan bahan lainya. Cara mengenalkan sains pada anak usia dini dengan cara mengajari anak untuk dapat peka terhadap lingkungan sekitar, tumbuhkan dan pelihara jiwa kritisnya pahahami anak pada tindakannya yang aktif sebagai rasa ingin tahunya, mengenalkan sains pada anak di setiap kesempatan dan buat percobaan sederhana. Berdasarkan hasil kajian literatur, yang diperoleh bahwa metode bermain sains efektif untuk pembelajaran sains pada anak usia dini, yang di antaranya bertujuan untuk ; 1). Mengenalkan dan meningkatkan keterampilan pada sains dasar serta meningkatkan konsep sains pada anak. 2) Meningkatkan kemampuan sains anak dan hasil belajar sains.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd, Dosen Pembimbing 2: Dr. Erik Aditya Ismaya,MA
Kata Kunci: SAINS, Bermain sains untuk meningkatkan HOTS Anak Usia Dini.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 03 Mar 2024 18:16
Last Modified: 03 Mar 2024 18:16
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20512

Actions (login required)

View Item View Item