Analisis keterampilan berbicara siswa dalam penggunaan gaya bahasa sarkasme guru di kelas 3 sd 01 pladen

MAHENDRA, ALVIN ADI (2023) Analisis keterampilan berbicara siswa dalam penggunaan gaya bahasa sarkasme guru di kelas 3 sd 01 pladen. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
Text (halaman judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (696kB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Keterampilan siswa dalam berbicara dipandang sebagai salah satu keterampilan penting yang harus dimiliki oleh siswa. Berdasarkan hasil observasi yang dilaksanakan peneliti di SD 01 Pladen, diketahui bahwa keterampilan berbicara siswa kelas 3 SD 01 Pladen masih rendah. Disamping hal itu terdapat penggunaan gaya bahasa sarkasme guru pada saat proses pembelajaran berlangsung. Kondisi tersebut menjadi dasar penelitian apakah terdapat pengaruh penggunaan gaya bahasa sarkasme guru kelas terhadap keterampilan berbicara siswa kelas III di SD 01 Pladen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Keterampilan Berbicara Siswa Dalam Penggunaan Gaya Bahasa Sarkasme Guru Di Kelas III SD 01 Pladen. Sarkasme merupakan gaya bahasa sindiran yang disampaikan dengan konotasi paling kasar yang diucapkan oleh seseorang yang sedang marah sehingga menyakiti hati orang lain. Sedangkan keterampilan berbicara merupakan keterampilan yang dapat melatih kemampuan berkomunikasi siswa di dalam maupun di luar kelas sesuai dengan perkembangan jiwanya. Oleh karena itu keterampilan berbicara harus dikuasai dan dimiliki oleh setiap orang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif . Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas 3 SD 01 Pladen dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Variabel bebas pada penelitian ini adalah gaya bahasa sarkasme sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan berbicara. Uji validitas menggunakan Expert Judgment yaitu pendapat dari ahli. Teknik pengumpulan data yaitu berupa tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif pada aplikasi IBM SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berbicara siswa yang dianalisis secara deskriptif berada dalam kategori sedang dan rendah pada tiap indikatornya. Data hasil penelitian yang sudah dianalisis persentase skornya memperoleh hasil bahwa rata-rata indikator keterampilan berbicara siswa sebesar 61,50% berkategori sedang. Masing-masing indikator memiliki rincian sebagai pelafalan sebesar 51,50% berkategori rendah, indikator kosakata sebesar 67,50% berkategori sedang, indikator struktur kalimat sebesar 59,50% berkategori rendah, indikator kelancaran sebesar 68% berkategori sedang, dan indikator kesantunan sebesar 62% berkategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa keterampilan berbicara terdapat perbedaan antara rata-rata skor presentase tes keterampilan berbicara memperoleh kriteria rendah dan sedang . Pengkategorian pada setiap indikator keterampilan berbicara siswa memperoleh skor presentase yang belum meningkat signifikan. Sehingga siswa harus meningkatkan lagi keterampilan berbicara dengan pembelajaran yang menggunakan gaya bahasa guru yang tepat.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Moh. Syaffruddin K, S.Si., M.Or Dosen Pembimbing 2: Lintang Kironoratri, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Keterampilan Berbicara, Gaya Bahasa, Sarkasme
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 03 Mar 2024 19:48
Last Modified: 03 Mar 2024 19:48
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20518

Actions (login required)

View Item View Item