SUSANTI, SUSANTI (2023) Analisis implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar gugus kaliyitno kecamatan dawe kabupaten kudus. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HAL JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (457kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (864kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (965kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (292kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (557kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2022/2023 di Sekolah Dasar Gugus Kaliyitno Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus dengan subyek penelitian terdiri dari 4 sekolah. Dalam menganalisis implementasi kurikulum merdeka menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, dan Product). Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, , observasi dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan alur Miles and Hubberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dari data yang diperoleh di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi konteks dengan indicator kesesuaian Kurikulum dengan visi misi sekolah, kesesuaian kurikulum dengan kebutuhan belajar siswa dan kesesuaian kurikulum dengan perkembangan zaman menunjukkan hasil baik. Evaluasi masukan dengan indicator pemahaman KOSP 2 sekolah menunjukkan hasil baik dan 2 sekolah menunjukkan hasil Cukup, Kelengkapan Modul Ajar baik, Kelengkapan Sarana Prasarana 2 sekolah kategori baik dan 2 sekolah kategori cukup, sedangkan indicator pengaturan jam pelajaran baik. Evaluasi proses dengan indicator pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi 3 sekolah dalam kategori cukup dan 1 sekolah masuk dalam kategori baik, Pelaksanaan pembelajaran P5 3 sekolah masuk dalam kategori baik dan 1 sekolah masuk dalam kategori cukup, sedangkan pelaksanaan assesmen dalam pembelajaran 2 sekolah dalam kategori baik dan 2 sekolah dalam kategori cukup. Evaluasi produk dengan indicator nilai hasil belajar siswa masuk dalam kategori baik dan kepuasaan peserta didik dalam kategori baik
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen pembimbing 1: Dr. Su'ad, M.Pd Dosen pembimbing 2: Dr. Gunawan Setiadi, M. Pd |
Kata Kunci: | Analisis Kurikulum Merdeka, CIPP, Merdeka Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 03 Mar 2024 21:23 |
Last Modified: | 03 Mar 2024 21:23 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20520 |
Actions (login required)
View Item |