Analisis implementasi pembelajaran berdiferensiasi di smp 2 jati kudus

Indrawati, Natalia Sumi (2023) Analisis implementasi pembelajaran berdiferensiasi di smp 2 jati kudus. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (675kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (951kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (630kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Peserta didik memiliki karakteristik yang berbeda dalam satu sekolah atau di ruang kelas. Mereka memiliki tingkat kesiapan belajar, minat, bakat, dan gaya belajar yang berbeda satu dengan yang lain. Oleh karena itu, mereka memerlukan pelayanan pengajaran yang berbeda satu dengan yang lainnya dalam mencapai tujuan pembelajaran. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan suatu bentuk usaha dalam serangkaian pembelajaran yang memperhatikan kebutuhan peserta didik dari segi kesiapan belajar, profil belajar peserta didik, minat dan bakatnya. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk menggambarkan, menemukan dan menganalisis perencanaan pembelajaran berdiferensiasi di SMP 2 Jati Kudus, 2) untuk menggambarkan, menemukan dan menganalisis implementasi pembelajaran berdiferensiasi di SMP 2 Jati Kudus, dan 3) untuk mengetahui faktor-fakor yang menjadi kendala atau hambatan serta solusi maupun faktor pendorong yang dialami guru di SMP 2 Jati Kudus dalam implemetasi pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus. Teknik pengambilan data menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitiannya adalah guru IPA, guru Bahasa Indonesia, dan guru Seni kelas VII di SMP 2 Jati Kudus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi baik yang dilakukan oleh peneliti secara langsung maupun melalui bantuan pihak lain. Analisis data pada penelitian ini dilakukan pada saat pengumpulan data berlangsung, dan setelah selesai pengumpulan data dalam periode tertentu. Pada saat wawancara peneliti sudah melakukan analisis terhadap jawaban yang diwawancarai. Jika jawaban dari responden setelah dianalisis dirasa kurang memuaskan, maka peneliti memberikan pertanyaan lagi sampai diperoleh data yang dianggap kredibel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SMP 2 Jati Kudus, sebagai salah satu Sekolah Penggerak Angkatan Kedua di Kabupaten Kudus telah merencanakan pembelajaran berdiferensiasi mulai dari mengidentifikasi dan memetakan kebutuhan belajar peserta didik sampai pada merancang rencana pembelajaran berdasarkan kebutuhan peserta didik, serta menyiapkan lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan menyenangkan. Implementasi pembelajaran melalui strategi berdiferensiasi konten, proses, produk telah dilakukan guru sebagai respon atas kesiapan, minat, dan profil belajar peserta didik yang beragam. Penerapan pembelajaran diferensiasi merupakan upaya sekolah untuk memenuhi kebutuhan belajar peserta didik. Kendala yang dihadapi oleh sekolah memiliki keterbatasan sumber daya alam atau sumber daya manusia ini tentu mengalami kesulitan dalam menerapkannya. Solusi yang dilakukan kepala sekolah dan guru yaitu berkolaborasi bersama, mencari jalan untuk memecahkan setiap kendala. Dan bila hal tersebut belum berhasil secara optimal, mereka bekerja sama dengan orangtua dan masyarakat untuk menghadapi kendala.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Dr. Fitri Budi Suryani, S. S, M.Pd. Dosen Pembimbing II: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd.
Kata Kunci: analisis, Pembelajaran Berdiferensiasi, SMP 2 Jati Kudus
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 03 Mar 2024 23:53
Last Modified: 03 Mar 2024 23:53
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20525

Actions (login required)

View Item View Item