SURYANINGSIH, FARIDA (2023) Pengembangan buku cerita bergambar berbasis hidup rukun di sekolah dasar dalam pembelajaran keterampilan membaca siswa kelas 2 sdn 1 kajar kecamatan gunem kabupaten rembang tahun pelajaran 2022/2023. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab I.pdf - Published Version Download (611kB) | Preview |
Text (BAB 2)
Bab II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (708kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
Bab III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (785kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
Bab IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
Bab V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (591kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (713kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (781kB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kebutuhan Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Hidup Rukun Di Sekolah Dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Menghasilkan desain produk Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Hidup Rukun Di Sekolah Dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Menghasilan kelayakan produk Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Hidup Rukun Di Sekolah Dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Menganalisis efektivitas Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Hidup Rukun Di Sekolah Dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Metode penelitian dengan desain Research and Development yang meliputi 10 langkah; Research and Information Collecting, planning, Develop Preliminary Form of Product, Preliminary Field Testing, Main Product Revision, Main Field Testing, Operational Product Revision, Operational Field Testing, Final Product Revision, Dissemination and Implementation. Populasi adalah siswa kelas II SDN 1 Kajar Gunem Rembang. Teknik sampling dengan purposive sampling. Data yang digunakan yakni data kuantitatif dan data kualitatif. Instrumen penelitian berupa wawancara/observasi, angket, tes, dan instrument validasi produk. Analisis data dilakukan untuk melihat perbedaan rata-rata antara kedua sampel menggunakan uji-t. Hasil penelitian didapatkan analisa kebutuhan melalui observasi dan wawancara didapatkan belum menggunkan media pembelajaran yang tepat sehingga kesulitan untuk merangsang kemampuan membaca siswa pemahaman. Pengembangan buku cerita Bergambar Berbasis Hidup Rukun Di Sekolah melalui proses analisis rencana pelaksanaan, menentukan tema, menentukan tujuan, sumber belajar, membuat buku cerita. Pengembangan diawali dengan studi pendahuluan, analisis, perumusan pengembangan media pembelajaran, desain media, prototype dan pengembangan instrument. Validasi ahli media didapatkan skor 95,8% (valid), validasi ahli materi mendapatkan skor 18.5 (sangat baik). Angket respon guru mengapatkan skor 92% (sangat suka) dan angket respon siswa mendapatkan skor 85% (sangat suka). Hasil analisa efektivitas didapatkan nilai sig sebesar 0,000 < 0,05 sehingga menunjukkan adanya pengaruh efektivitas atau dengan kata lain Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa Pengembangan Buku Cerita Berbasis Hidup Rukun efektif dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd., Dosen Pembimbing II: Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd. |
Kata Kunci: | Buku, Cerita, Hidup Rukun, Keterampilan Membaca Pemahaman. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 04 Mar 2024 00:11 |
Last Modified: | 04 Mar 2024 00:11 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20528 |
Actions (login required)
View Item |