SYALUMITA, IRSYADA (2023) Peningkatan kemampuan menulis tegak bersambung dengan menggunakan model student teams achievement division (stad) berbantuan media komik digital (komdig) pada kelas ii sdn 01 soco. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HAL JUDUL)
JUDUL SYALUMITA.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I SYALUMITA.pdf - Published Version Download (335kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II SYALUMITA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (563kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III SYALUMITA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (364kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV SYALUMITA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V SYALUMITA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (148kB) |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAPUS SYALUMITA.pdf - Published Version Download (161kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN SYALUMITA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstrak
Proses pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah membuat pembelajaran menjadi pasif dan monoton sehingga menyebabkan kemampuan menulis tegak bersambung siswa kurang. Hal ini terjadi pada siswa kelas II yang masih rendah dalam kemampuan menulis tegak bersambung. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan menulis tegak bersambung siswa dengan menggunakan model pembelajaran berupa Student Teams Achievement Division pada muatan bahasa Indonesia dengan materi huruf tegak bersambung dan menggunakan media komik digital (KOMDIG). Menulis tegak bersambung merupakan suatu kegiatan yang menghasilkan huruf yang saling bersambung dilakukan tanpa mengangkat alat tulis. Model pembelajaran Student Teams Achievement Division merupakan model pembelajaran kooperatif, didalamnya terdapat kelompok kecil yang beranggotakan 4-5 orang dan memiliki berbagai keberagam dalam kemampuan, jenis kelamin, ras, suku agama untuk bekerja sama memecahkan masalah yang ada. KOMDIG (Komik Digital) merupakan komik sederhana yang disajikan dalam media elektronik tertentu. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas II SDN 01 Soco degan subjek penelitian 17 siswa dan guru yang berlangsung selama 2 siklus, dengan masing-masing pertemuan terdiri dari 2 pertemuan. Variable terkait dalam penelitian ini adalah keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan kemampuan menulis tegak bersambung siswa, sedangkan variable bebasnya adalah model Student Teams Achievement Division dan KOMDIG (Komik Digital) sebagai media pembelajaran. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan kemampuan menulis tegak bersambung siswa. Hal ini dapat dilihat pada siklus I yang memperoleh presentase klasikal 57,94% dari 17 siswa ada 11 siswa yang tuntas dan 6 lainnya belum tuntas. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan yaitu memperoleh presentase klasikal 89,98% dari 17 siswa ada 15 siswa yang tuntas dan 2 siswa lainya belum tuntas. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa kemampuan menulis tegak bersambung siswa dalam mata pelajaran bahasa Indonesia, aktivitas belajar siswa dan keterampilan mengajar guru dapat meningkat melalui model pembelajaran Student Teams Achievement Division berbantuan media komik digital.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pemmbing 1 : Much. Arsyad Fardani, S.Pd., M.Pd., Dosen Pemmbing 2 : Lintang Kironoratri, S.Pd. M.Pd, |
Kata Kunci: | Student Teams Achievement Division, Menulis Tegak Bersambung, KOMDIG (komik digital) |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 04 Mar 2024 19:00 |
Last Modified: | 04 Mar 2024 19:00 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20532 |
Actions (login required)
View Item |