JANAH, LULUK RODHOTUL (2023) Penerapan model stad berbantu media diorama of the solar system untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada kelas vi di sd 5 klumpit. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (570kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (120kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (354kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (373kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (709kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (106kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (246kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Pemahaman konsep siswa kelas VI di SD 5 Klumpit masih kurang karena dikarenakan keterbatasan guru dalam menggunakan model pembelajaran, media pembelajaran, dan siswa cenderung pasif. Ditemukan rendahnya pemahaman konsep siswa dari 48% dari 23 siswa kelas VI SD 5 Klumpit. Permasalahan pada penelitian ini adalah keterampilan guru, aktivitas siswa, dan pemahaman konsep siswa menggunakan model pembelajaran STAD berbantu media diorama of the solar system pada mata pelajaran IPA dan Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas siswa, dan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran menggunakan model STAD dan mengunakan media diorama of the solar system. STAD merupakan model pembelajaran yang digunakan untuk membentuk suatu kelompok dengan bekerja sama serta berinteraksi dengan siswa. Media diorama of the solar system ialah sebuah miniatur tiga dimensi yang di dalamnya berisi tata surya dan karakteristiknya. Pemahaman konsep adalah kemampuan pemahaman konsep dengan pemahamnnya sendiri dan menjelaskan lebih luas dengan pemahaman yang sudah diterima. Penelitian dengan jenis Penilitian Tindakan kelas ini, di terapkan di kelas VI SD 5 Klumpit dengan subjek penelitian 23 siswa. Penelitian ini terdapat dua siklus sebanyak 4 pertemuan yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu observasi, aktivitas belajar siswa, wawancara, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan dan kualitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa dengan penerapan model STAD berbantu media diorama of the solar system dapat menunjukkan peningkatan (1) keterampilan guru dengan rata-rata pada siklus I 74% dan siklus II 87%. (2) Aktivitas belajar siswa dengan rata-rata pada siklus I 78,2% dan siklus II 95,6% (3) kemampuan pemahaman konsep siswa dengan perolehan rata-rata pada siklus I 47% dan siklus II 78%. Berdasarkan hasil tersebut, peneliti menarik kesimpulan bahwa dengan penerapan model STAD berbantu media diorama of the solar system dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan kemampuan pemahaman konsep. Saran dalam penelitian ini adalah siswa dapat menguasai materi pembelajaran yang diberikan oleh guru agar kegaiatan pembelajaran berlangsung secara efektif.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I : Fina Fakhriyah, M.Pd. Dosen Pembimbing II : Ahmad Bakhruddin, S.Pd.I, M.Pd., |
Kata Kunci: | Pemahaman Konsep, STAD, Diorama Of The Solar System |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 04 Mar 2024 19:52 |
Last Modified: | 04 Mar 2024 19:52 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20537 |
Actions (login required)
View Item |