ZULFIYAH, RIZQIYATUL 'IZZAH (2023) Analisis nilai gusjigang dalam membentuk karakter religius peserta didik di sd unggulan muslimat nu kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (332kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (519kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (352kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (662kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (301kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (435kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstrak
Nilai dapat menjadi sarana dalam membentuk karakter peserta didik melalui proses internalisasi. Nilai dalam Gusjigang dapat diinetgrasikan melalui pembelajaran, kegiatan ektrakurikuler, dan kegiataan kesiswaan yang lainnya. Sebagai salah satu sekolah dasar di kota Kudus, SD Unggulan Muslimat NU Kudus memiliki banyak kegiatan yang diharapkan mampu membentuk karakter peserta didik tidak hanya melalui satu kegiatan pembelajaran saja, akan tetapi pada kegiatan kesiswaan lainnya yang mencerminkan nilai Gusjigang. Gusjigang merupakan salah satu nilai filosofi yang dimiliki Kota Kudus. Sebuah akronim dari bagus, ngaji, dan dagang yang kemudian berkembang menjadi pedoman untuk menjalani kehidupan. Dalam Gusjigang terdapat beberapa nilai karakter salah satunya adalah religius. Karakter religius meliputi nilai ketaatan dalam memahami dan melaksanakan ajaran agama sendiri serta bersikap toleran dan rukun terhadap agama lain. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian enam peserta didik yang berlangsung selama satu bulan pada kelas V SD Unggulan Muslimat NU Kudus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk aktivitas peserta didik yang mencerminkan nilai bagus dan ngaji dalam Gusjigang kaitanya dalam membentuk karakter religius di SD Unggulan Muslimat NU Kudus diantaranya berdasarkan indikator: menghargai teman yang sedang melaksanakan ibadah yang meliputi kegiatan sholat berjamaah, merayakan hari-hari besar keagamaan yang meliputi kegiatan pesantren Ramadhan dan pembelajaran Ke-NU-An, memiliki fasilitas yang dapat digunakan untuk beribadah yang meliputi kegiatan sholat berjamaah dan pembelajaran BTQ/tahfidh, berdoa sebelum dan sesudah pelajaran yang meliputi kegiatan qiro’ah, kegiatan berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran, kegiatan kultum/siraman rohani, pembelajaran BTQ/tahfidh, pembelajaran tauhid dan hadits, pembelajaran nahwu, pembelajaran IPA. Berdasarkan penelitain ini, bentuk aktivitas berdasarkan masing-masing nilai dalam Gusjigang meliputi seluruh kegiatan yang ada di sekolah yang meliputi pembiasaan, ektrakurikuler, dan kokurikuler. Kokurikuler yang meliputi seluruh pembelajaran baik pembelajaran umum maupun keagamaan. Kaitanya dalam membentuk karakter religius peserta didik, tidak semua pembelajaran dan ektrakurikuler keagamaan dapat membentuk karakter religius.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I : Diana Ernawati, M.Pd. Dosen Pembimbing II : Much Arsyad Fardani, M.Pd. |
Kata Kunci: | Nilai, Gusjigang, Karakter Religius |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 04 Mar 2024 20:41 |
Last Modified: | 04 Mar 2024 20:41 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20541 |
Actions (login required)
View Item |