NOVIANTO ARDIANSAH, RICO (2023) Teaching reading by using comic strips of the eighth grade students of smp 3 bae in 2022/2023 academic year. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (285kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (699kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (573kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (416kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (544kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (398kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (501kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini menyelidiki tentang keterampilan membaca siswa dengan menggunakan media komik strip. Pemilihan topik ini didasarkan pada salah satu masalah yang sering dihadapi siswa yaitu mengenai keterampilan membaca. Keterampilan membaca merupakan salah satu dari empat keterampilan penting dalam bahasa Inggris yang harus dikuasai oleh setiap siswa.Peneliti percaya orang yang belajar bahasa Inggris harus menguasai keterampilan membaca. Penggunaan komik strip dalam proses pembelajaran merupakan salah satu media untuk mengajarkan membaca yang efisien. Partisipan penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP 3 Bae. Ada 32 siswa dari kelas VIII F. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan kemampuan membaca siswa kelas VIII SMP 3 Bae tahun pelajaran 2022/2023 antara sebelum dan sesudah diajar dengan menggunakan komik strip. Metode penelitian ini adalah pre-eksperimen design. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test. Peneliti melakukan pre-test sebelum perlakuan yaitu mengajar membaca dengan menggunakan komik strip. Dan langkah terakhir adalah post-test. Mengajar membaca dengan menggunakan komik strip pada siswa kelas VIII memiliki perbedaan yang signifikan dalam keterampilan membaca. Berdasarkan t0 lebih besar dari t-tabel, (4,59>1,697). Peneliti menyimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah diajar dengan menggunakan komik strip. Peneliti menyarankan guru untuk menggunakan komik strip yang sesuai dengan materi. Peneliti menyarankan kepada siswa untuk terus belajar sambil membaca komik untuk menambah pengetahuan. Peneliti lain bisa mendapatkan keuntungan dari penelitian ini dalam beberapa cara dan menggunakannya sebagai bahan penelitian tambahan di masa yang akan datang.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Peembimbing 1 : Dr. Drs. Slamet Utomo, M.Pd. Dosen Pembimbing 2 : Agung Dwi Nurcahyo, S.S., M.Pd. |
Kata Kunci: | Kemampuan Membaca, Komik Strip, Keterampilan Berbahasa. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 04 Mar 2024 23:22 |
Last Modified: | 04 Mar 2024 23:22 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20544 |
Actions (login required)
View Item |