Efektivitas model pembelajaran project based learning berbantuan media audio visual terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa mata pelajaran ipa kelas v sdn ngurenrejo

BINASIYAH, BINASIYAH (2023) Efektivitas model pembelajaran project based learning berbantuan media audio visual terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa mata pelajaran ipa kelas v sdn ngurenrejo. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (401kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR  PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (396kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya penyesuaian baik metode maupun latihan soal yang dapat merangsang siswa untuk berpikir secara kreatif sehingga kemampuan berpikir siswa masih rendah. Efektif atau tidaknya penggunaan model pembelajaran Project Based Learning akan ditandai dengan peningkatan atau penurunan kemampuan berpikir kreatif siswa. Masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kratif. Tujuan dari peneliatian ini yaitu Untuk mengukur efektifitas model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media audio visual lebih baik dibandingkan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Project Based Learning yaitu suatu metode pendidikan dimana guru diberikan kesempatan untuk mengelola sistem pembelajaran dengan menghasilkan suatu produk selama proses pembelajaran di kelas. Hipotesis yang diajukan yaitu ada perbedaan efektifitas model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media audio visual lebih baik dibandingkan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa mata pelajaran IPA kelas V SDN Ngurenrejo Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif Quasy Eksperimen yang dilaksanakan di kelas V SDN Ngurenrejo dengan subjek penelitian sejumlah 41 siswa. Variabel terkait dalam penelitian ini yaitu kemampuan berpikir kreatif siswa mata pelajaran IPA. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran Project Based Learning. Teknik pengumpulan data meliputi Observasi, Tes Kemampuan berpikir kreatif, Wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan signifikan diantara nilai posttest pada kelas ekperimen dan kelas kontrol kemampuan berpikir kreatif siswa yang ditunjukkan menggunakan uji Mann Whitney diketahui nilai Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0,002 < 0,05. Penelitian ini guru hendaknya menerapkan model pembelajaran Project Based Learning agar siswa lebih aktif dalam proses belajar mengajar dan dapat meningkatkan nilai kemampuan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1 : Yuni Ratnasari,S.Si.,M.Pd. Dosen Pembimbing 2 : Dr. Khamdun M.Pd.
Kata Kunci: Project Based Learning ; Berpikir Kreatif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 04 Mar 2024 23:45
Last Modified: 04 Mar 2024 23:45
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20545

Actions (login required)

View Item View Item