BINASIYAH, BINASIYAH (2023) Efektivitas model pembelajaran project based learning berbantuan media audio visual terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa mata pelajaran ipa kelas v sdn ngurenrejo. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (401kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (284kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (437kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (491kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (325kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (199kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (396kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya penyesuaian baik metode maupun latihan soal yang dapat merangsang siswa untuk berpikir secara kreatif sehingga kemampuan berpikir siswa masih rendah. Efektif atau tidaknya penggunaan model pembelajaran Project Based Learning akan ditandai dengan peningkatan atau penurunan kemampuan berpikir kreatif siswa. Masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kratif. Tujuan dari peneliatian ini yaitu Untuk mengukur efektifitas model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media audio visual lebih baik dibandingkan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Project Based Learning yaitu suatu metode pendidikan dimana guru diberikan kesempatan untuk mengelola sistem pembelajaran dengan menghasilkan suatu produk selama proses pembelajaran di kelas. Hipotesis yang diajukan yaitu ada perbedaan efektifitas model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media audio visual lebih baik dibandingkan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa mata pelajaran IPA kelas V SDN Ngurenrejo Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif Quasy Eksperimen yang dilaksanakan di kelas V SDN Ngurenrejo dengan subjek penelitian sejumlah 41 siswa. Variabel terkait dalam penelitian ini yaitu kemampuan berpikir kreatif siswa mata pelajaran IPA. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran Project Based Learning. Teknik pengumpulan data meliputi Observasi, Tes Kemampuan berpikir kreatif, Wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan signifikan diantara nilai posttest pada kelas ekperimen dan kelas kontrol kemampuan berpikir kreatif siswa yang ditunjukkan menggunakan uji Mann Whitney diketahui nilai Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0,002 < 0,05. Penelitian ini guru hendaknya menerapkan model pembelajaran Project Based Learning agar siswa lebih aktif dalam proses belajar mengajar dan dapat meningkatkan nilai kemampuan berpikir kreatif siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1 : Yuni Ratnasari,S.Si.,M.Pd. Dosen Pembimbing 2 : Dr. Khamdun M.Pd. |
Kata Kunci: | Project Based Learning ; Berpikir Kreatif |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 04 Mar 2024 23:45 |
Last Modified: | 04 Mar 2024 23:45 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20545 |
Actions (login required)
View Item |