peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ppkn dengan menggunakan model pembelajaran teams games tournaments berbasis media pembelajaran quartet cards kelas v sd 5 klumpit

NISAAK, LUTFI AZIZATUN (2023) peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ppkn dengan menggunakan model pembelajaran teams games tournaments berbasis media pembelajaran quartet cards kelas v sd 5 klumpit. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
Text (halaman judul)
HAL.JUDUL.pdf - Published Version

Download (810kB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstrak

Proses pembelajaran yang berpusat pada guru atau menggunakan metode ceramah dapat menyebebkan rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan fakta yang ada pada SD 5 Klumpit. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn masih rendah, dari 25 siswa yang tuntas hanya 11 siswa (44%), sedangkan 14 siswa (56%) belum tuntas. Permasalah pada peneltian ini adalah bagaimana hasil belajar, aktivitas siswa, keterampilan guru mengggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) menggunakan media pembelajaran kartu kuartet pada mata pelajaran PPKn dan Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar, aktivitas siswa dan keterampilan guru dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran TGT dan menggunakan media pembelajaran kartu kuartet. Teams Games Tournament merupakan model pembelajaran kooperatif dimana siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dengan kemampuan yang berbeda untuk bertanding sehingga siswa dengan skor tertinggi akan menjadi pemenang. Sedangkan kartu kuartet merupakan sebuah kartu permainan yang didalamnya berisi keterangan dari gambar tersebut. Kartu kuartet terdapat 4 kartu yang sama. Didalam satu set kartu terdiri dari 32 lembar kartu. Yang dapat dimainkan oleh 2-6 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 5 Klumpit Kabupaten Kudus. Subjek penelitian 25 siswa dengan 11 siswa laki-laki 14 siswa perempuan dan guru kelas yang mengampu. Penelitian ini terdapat dua siklus masing-masing siklus terjadi dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi wawancara, obeservasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar mata pelajaran PPKn dan Bahasa Indonesia menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan media pembelajaran kartu kuartet. Hal ini dapat dilihat melalui peningkatan hasil belajar pada setiap siklus. Pada siklus I pada mata pelajaran PPKn memperoleh hasil ketuntasan klasikal 72% jadi 88% pada siklus II sedangkan mata pelajaran Bahasa Indonesia memperoleh hasil ketuntasan klasikal pada siklus I 72% jadi 76% pada siklus II. Kesimpulan dalam penelitian ini ialah penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) menggunakan media pembelajaran kartu kuaret dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn dan Bahasa Indonesia.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Dr. Wawan Shokib Rondli, M.Pd Dosen Pembimbing 2: Much Arsyad Fardani, M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar,TGT, Kartu Kuartet
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Mar 2024 00:22
Last Modified: 05 Mar 2024 00:22
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20548

Actions (login required)

View Item View Item