Pengembangan model pembelajaran art based learning berbasis bahan alam untuk menstimulasi pengalaman estetis Pada anak usia dini

KARTIKA, DENY DWI (2023) Pengembangan model pembelajaran art based learning berbasis bahan alam untuk menstimulasi pengalaman estetis Pada anak usia dini. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (805kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (891kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (973kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (784kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (899kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Salah satu aspek pengembangan kemampuan anak usia dini pada jenjang pendidikan PAUD adalah pada aspek seni tepatnya nilai-nilai atau sikap estetika. Anak usia dini memerlukan model pembelajaran yang tepat untuk memberikan pengalaman estetis. Art based learning berbasis alam sebagai salah satu model pembelajaran yang menyajikan tugas kesenian kepada siswa dengan menggunakan bahan yang ada di lingkungan alam sebagai matrial dasarnya. Penelitian ini bertujuan menganalisis kebutuhan, mengembangkan desain, dan menganalisis efektifitas model pembelajaran art based learning berbasis alam untuk stimulasi pengalaman estetis pada anak usia Dini di TK Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta. Penelitian ini jenis R&D research and development. Produk yang dikembangkan adalah model pembelajaran. Langkah pengembangan produk meliputi penelitian adan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba awal, revisi produk, uji coba lapangan, revisi produk, uji coba lapangan, revisi produk akhir dan desiminasi. uji efektifitas produk meliputi uji normalitas dan homogenitas, analisis hipotesis mengguakan uji validitas produk dan uji keefektifan menggunakan uji t. Hasil penelitian: 1) guru dan peserta didik membutuhkan model pembelajaran berbasis bahan alam dengan pendekatan seni sehingga dapat menstimulasi pengalaman estetis anak. Model pembelajaran yang dapat dilaksankaan dengan mudah dan tidak membutuhkan biaya banyak dengan memanfaatkan alam dan lingkungan sekitar; 2) desain model pembelajaran art based learning berbasis bahan alam meliputi pembelajaran seni lukis berbasi alam, pembelajaran seni kolase berbasi alam, pembelajaran seni handicraff berbasis alam, pembelajaran seni membatik berbasis alam, pembelajaran seni warna berbasis alam; 3) model pembelajaran art based learning berbasis bahan alam efektif dalam mengstimulasi pengalaman estetis anak, dimanan kelas Eksperimen 1 memperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05, atau Thitung 11,448 > Ttabel 226216 kemudian kelas eksperimen 2 memperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05 atau Thitung 20,803 > Ttabel 2,20099 maka dapat diartikan bahwa ada perbedaan rata-rata pengalaman estetis anak sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran art based learning berbasis bahan alam. Dengan demikian maka dapat diambil kesimpulan bahwa pengembangan model pembelajaran art based learning berbasis bahan alam efektif dalam mengstimulasi pengalaman estetis anak.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I : Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd, Dosen Pembimbing II: Dr. Nur Fajrie, M.Pd
Kata Kunci: Art Based Learning,Berbasis Alam, Pengalaman estetis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Mar 2024 01:52
Last Modified: 05 Mar 2024 01:52
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20556

Actions (login required)

View Item View Item