KARTIKA, DENY DWI (2023) Pengembangan model pembelajaran art based learning berbasis bahan alam untuk menstimulasi pengalaman estetis Pada anak usia dini. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
Bab I.pdf - Published Version Download (805kB) | Preview |
Text (BAB II)
Bab II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (891kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
Bab III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (973kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
Bab IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
Bab V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (784kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (899kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Salah satu aspek pengembangan kemampuan anak usia dini pada jenjang pendidikan PAUD adalah pada aspek seni tepatnya nilai-nilai atau sikap estetika. Anak usia dini memerlukan model pembelajaran yang tepat untuk memberikan pengalaman estetis. Art based learning berbasis alam sebagai salah satu model pembelajaran yang menyajikan tugas kesenian kepada siswa dengan menggunakan bahan yang ada di lingkungan alam sebagai matrial dasarnya. Penelitian ini bertujuan menganalisis kebutuhan, mengembangkan desain, dan menganalisis efektifitas model pembelajaran art based learning berbasis alam untuk stimulasi pengalaman estetis pada anak usia Dini di TK Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta. Penelitian ini jenis R&D research and development. Produk yang dikembangkan adalah model pembelajaran. Langkah pengembangan produk meliputi penelitian adan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba awal, revisi produk, uji coba lapangan, revisi produk, uji coba lapangan, revisi produk akhir dan desiminasi. uji efektifitas produk meliputi uji normalitas dan homogenitas, analisis hipotesis mengguakan uji validitas produk dan uji keefektifan menggunakan uji t. Hasil penelitian: 1) guru dan peserta didik membutuhkan model pembelajaran berbasis bahan alam dengan pendekatan seni sehingga dapat menstimulasi pengalaman estetis anak. Model pembelajaran yang dapat dilaksankaan dengan mudah dan tidak membutuhkan biaya banyak dengan memanfaatkan alam dan lingkungan sekitar; 2) desain model pembelajaran art based learning berbasis bahan alam meliputi pembelajaran seni lukis berbasi alam, pembelajaran seni kolase berbasi alam, pembelajaran seni handicraff berbasis alam, pembelajaran seni membatik berbasis alam, pembelajaran seni warna berbasis alam; 3) model pembelajaran art based learning berbasis bahan alam efektif dalam mengstimulasi pengalaman estetis anak, dimanan kelas Eksperimen 1 memperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05, atau Thitung 11,448 > Ttabel 226216 kemudian kelas eksperimen 2 memperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05 atau Thitung 20,803 > Ttabel 2,20099 maka dapat diartikan bahwa ada perbedaan rata-rata pengalaman estetis anak sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran art based learning berbasis bahan alam. Dengan demikian maka dapat diambil kesimpulan bahwa pengembangan model pembelajaran art based learning berbasis bahan alam efektif dalam mengstimulasi pengalaman estetis anak.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I : Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd, Dosen Pembimbing II: Dr. Nur Fajrie, M.Pd |
Kata Kunci: | Art Based Learning,Berbasis Alam, Pengalaman estetis |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 05 Mar 2024 01:52 |
Last Modified: | 05 Mar 2024 01:52 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20556 |
Actions (login required)
View Item |