Sistiyono, Sistiyono (2023) Pengembangan model cooperative learning tipe jigsaw berbasis karakter untuk pemahaman ipa di sekolah dasar kecamatan gabus tahun 2023. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HAL JUDUL)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version Download (427kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (194kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (305kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (427kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (739kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (126kB) |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (185kB) | Preview |
Abstrak
Bab satu tujuan penelitian ini adalah untuk (1) menganalisis kebutuh pengembangan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw berbasis karakter; 2) menjelaskan desain model cooperative learning tipe jigsaw berbasis karakter; 3) menguji efektifitas model cooperative learning tipe jigsaw berbasis karakter dapat meningkatkan pemahaman IPA di SD Kecamatan Gabus setelah melalui uji terbatas. Bab dua pembelajaran kooperatif model jigsaw adalah sebuah model belajar kooperatif yang menitik beratkan kepada kerja kelompok siswa dalam bentuk kelompok kecil. Karakter adalah suatu penggambaran tingkah laku yang dilakukan dengan memperlihatkan dan menonjolkan nilai (benar-salah, baik-buruk), secara berkelanjutan. Bab tiga penelitian ini menggunakan metode research and development. Penelitian berorientasi pada pengembangan model cooperative learning tipe jigsaw berbasis karakter untuk pemahaman IPA siswa Sekolah Dasar Kecamatan Gabus materi tema 8 subtema 1. Data diperoleh melalui pengamatan, kuesioner, tes dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan aplikasi SPSS 23.0. keefektifan model cooperative learning tipe Jigsaw berbasis karakter dianalisis melalui uji t dengan taraf signifikansi 0.05. Bab empat hasil penelitian (1) Guru dan siswa membutuhkan pengembangan model cooperative learning tipe jigsaw berbasis karakter untuk pemahaman hasil belajar IPA siswa kelas VI Sekolah Dasar, (2) Desain model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw berbasis karakter. Desain ini terbagi ke dalam beberapa aspek mulai dari perencanaan, Proses dan evaluasi. Perencanaan terdiri dari perumusan tujuan, perumusan materi, penentuan model, perumusan media dan perangkat pembelajaran. kemudian pada aspek pelaksanaan menjelaskan langkah langkah model yang dikembangkan, kemudian berakhir pada evaluasi pembelajaran dengan tes, (3) Model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw berbasis karakter efektif untuk pemahaman belajar IPA siswa kelas VI di Sekolah Dasar hal ini Berdasarkan hasil uji N-Gain maupun uji indepent sampel t-test bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw berbasis karakter kelas eksperimen 1 maupun eksperimen 2 siswa mengalami peningkatan hasil belajar yang tinggi dari pada kelas kontrol mayoritas siswa hasil belajar rendah. Bab lima kesimpulan bahwa model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw berbasis karakter efektif dapat digunakan dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1 : Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd Dosen Pembimbing 2 : Dr.Erik Aditia Ismaya, MA. |
Kata Kunci: | Model Pembelajaran Jigsaw, Berbasis Karakter |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 05 Mar 2024 20:22 |
Last Modified: | 05 Mar 2024 20:22 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20562 |
Actions (login required)
View Item |