MAS’UDAH, SITI (2023) Pengembangan buku ajar matematika materi bilangan berbasis pendekatan concrete- pictorial- abstract (cpa) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas i mi di kecamatan sedan kabupaten rembang. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (halaman judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download (683kB) | Preview |
Preview |
Text (bab 1)
Bab I.pdf - Published Version Download (227kB) | Preview |
Text (bab 2)
Bab II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (282kB) | Request a copy |
|
Text (bab 3)
Bab III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (285kB) | Request a copy |
|
Text (bab 4)
Bab IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (364kB) | Request a copy |
|
Text (bab 5)
Bab V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (184kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (176kB) | Preview |
Text (lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (510kB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini Menghasilkan produk pengembangan buku ajar matematika berbasis pendekatan concrete, pictorial, abstract (CPA) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 MI. Menganalisis kelayakan pengembangan buku ajar matematika berbasis pendekatan concrete, pictorial, abstract (CPA) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 MI. Mendapatkan efektivitas pengembangan buku ajar matematika berbasis pendekatan concrete, pictorial, abstract (CPA) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 MI. Metode penelitian dengan desain Research and Development yang meliputi 10 langkah; Research and Information Collecting, planning, Develop Preliminary Form of Product, Preliminary Field Testing, Main Product Revision, Main Field Testing, Operational Product Revision, Operational Field Testing, Final Product Revision, Dissemination and Implementation. Populasi adalah siswa kelas 1. Teknik sampling dengan purposive sampling. Data yang digunakan yakni data kuantitatif dan data kualitatif. Instrumen penelitian berupa wawancara/observasi, angket, tes, dan instrument validasi produk. Analisis data dilakukan untuk melihat perbedaan rata-rata antara kedua sampel menggunakan uji-t. Hasil penelitian didapatkan analisa kebutuhan melalui observasi dan wawancara didapatkan belum menggunkan media pembelajaran yang tepat sehingga kesulitan untuk menguasai konsep matematika, akibatnya rata rata nilai matematika materi bilangan kelas 1 MI yaitu 6,5 sementara siswa yang nilai matematikanya mencapai KKTP baru 30% . Pengembangan diawali dengan studi pendahuluan, analisis, perumusan pengembangan media pembelajaran, desain media, prototype dan pengembangan instrument. Validasi ahli media didapatkan 95,8% (valid), validasi ahli materi 87,5% (valid), dan validasi ahli bahasa 92%. Hasil angket guru mendapatkan 92,5%, angket respon siswa 92%. Hasil analisa efektivitas pada pre test didapatkan 21,23 dan post test sebesar 34.27. Nilai sig sebesar 0,000 < 0,05 sehingga menunjukkan adanya pengaruh efektivitas atau dengan kata lain Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa Pengembangan buku ajar berbasis pendekatan concret, pictorial, abstrak (CPA) efektif untuk pelajaran matematika Siswa Kelas I materi bilangan.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1: Dr. Sumaji, M.Pd Dosen Pembimbing 2: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd |
Kata Kunci: | Buku Ajar, Matematika, Pendekatan CPA, Hasil Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 05 Mar 2024 21:57 |
Last Modified: | 05 Mar 2024 21:57 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20569 |
Actions (login required)
View Item |