Pengembangan model project based learning dengan media loose parts dalam kemampuan kreativitas anak usia dini di kota surakarta

Marmi, Marmi (2023) Pengembangan model project based learning dengan media loose parts dalam kemampuan kreativitas anak usia dini di kota surakarta. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
Text (HAL JUDUL)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Model pembelajaran yang dapat digunakan dalam meningkatkan kreatifitas anak salah satunya adalah model project based learning. Model project based learning adalah pendekatan pembelajaran yang memperkenankan anak untuk bekerja secara mandiri dalam mengkonstruksi pembelajarannya dan mengkulminasikannya dalam sebuah hasil produk nyata. Model pembelajaran proyek dapat digunakan untuk meningkatkan kreativitas anak sesuai dengan pendapat yang dikemukan oleh Sharp yang menyatakan bahwa proyek-proyek kreatif memberikan pengalaman yang menyenangkan, membantu dalam mengembangkan pembelajaran kreatif. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar anak dari Pengembangan Model Project Based Learning dengan media Loose partss dalam kemampuan kreatifvitas anak usia dini. Penelitian menggunakan jenis penelitian metode Research and Development (R&D) yang diadopsi dari model Borg and Gall dengan menggunakan mix-method pada desain sequential exploratory. Tehnik pengumpulan data melalui lembar observasi, wawancara, angket dan tes. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil analisis deskriptif ini digunakan untuk menentukan tingkat ketepatan, keefektifan, dan kemenarikan model dan media pembelajaran. Sumber data pada penelitian ini adalah guru dan anak di lembaga PAUD di kecamatan sesengan kota surakarta. Hasil atau pruduk yang dihasilkan akan dikembangkan dan dapat dikatakan layak untuk digunakan sebagai modul yang dapat digunakan sebagai panduan dalam pembelajaran apabila persentase yang diperoleh dari proses validasi lebih dari 76%, sehingga produk yang dikembangkan dapat digunakan dalam proses kegiatan pembelajaran. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Model pembelajaran project based learning dengan media loosepart efektivitas dapat digunakan untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini, hal ini berdasarkan hasil tes bahwa anak yang diberi pembelajaran dengan menggunakan pengembangan model project based learning dengan media loosepart lebih baik kemampuan kreatifitasnya dibandingkan dengan anak yang diberi pemebelajaran konvesional. Hal tersebut menandakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pengembangan model project based learning dengan media loosepart untuk kreativitas anak usia dini di Kota Surakarta lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Dr. Mochamad Widjanarko, M. Si Dosen Pembimbing 2: Dr. Gudnanto M.Pd
Kata Kunci: Project Based Learning, Loose partss, Kreativitas
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Mar 2024 23:31
Last Modified: 05 Mar 2024 23:31
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20573

Actions (login required)

View Item View Item