Pengaruh model pembelajaran realistic mathematics education (rme) berbantuan media pemath terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa

NAFIA, SISCHA ILMA (2023) Pengaruh model pembelajaran realistic mathematics education (rme) berbantuan media pemath terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal Judul.pdf - Published Version

Download (603kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (608kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (636kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (488kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMA Negeri 1 Gebog yang rendah. Hal ini dibuktikan hasil tes studi pendahuluan kelas X E-9 SMA Negeri 1 Gebog. Hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa masih rendah. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) menguji rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas yang diajarkan dengan model RME berbantuan media Pemath lebih baik daripada rata-rata kelas yang diajarkan dengan pembelajaran langsung; 2) menguji perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sebelum dan sesudah diterapkan model RME berbantuan media Pemath; 3) menguji peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa setelah diterapkan model RME berbantuan media Pemath. Penelitian ini dilakukan di kelas X SMA Negeri 1 Gebog tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif eksperimen. Desain penelitian ini adalah Quasi Experimental. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 432 siswa kelas X SMA Negeri 1 Gebog dengan sampel penelitian kelas X E-9 sebagai kelas eksperimen dan kelas X E-10 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Analisis data yang digunakan antara lain analisis data awal yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata (uji t) serta analisis data akhir yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji t dua sampel independen, uji t dua sampel dependen, dan uji N-Gain). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan 1) rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas yang diajarkan dengan model RME berbantuan media Pemath lebih baik daripada rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran langsung. 2) Rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa lebih baik setelah diajar dengan menggunakan model RME berbantuan media Pemath. 3) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa meningkat sebesar 0,63 setelah menggunakan model RME berbantuan media Pemath. Kesimpulan penelitian ini yaitu model RME berbantuan media Pemath terbukti berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Saran penelitian ini yaitu pada pembelajaran dengan model RME berbantuan media Pemath perlu pendampingan dari guru agar siswa dapat tetap fokus dalam proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Himmatul Ulya, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II: Savitri Wanabuliandari, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa, Media Pemath, Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME).
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 06 Mar 2024 18:33
Last Modified: 06 Mar 2024 18:33
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20582

Actions (login required)

View Item View Item