Pengaruh self concept terhadap perilaku shopping addiction pada siswa sman 2 bae kudus

JUMANTO, AHMAD (2023) Pengaruh self concept terhadap perilaku shopping addiction pada siswa sman 2 bae kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab I.pdf - Published Version

Download (685kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (609kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Pola perkembangan zaman yang begitu pesat menimbulkan pola hidup konsumtif terutama dalam belanja online mencapai 80% dengan didominasi remaja meningkat sebesar 23%. Hal ini didasari oleh minimnya akan Self Concept pada anak sehingga berdampak kepada perilakunya yang memicu timbulnya perilaku maladaptive salah satunya shopping addiction. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara Self Concept dengan shopping addiction sehingga kedepannya dapat memberikan solusi terkait permasalahan yang dibahas. Shopping addiction merupakan perilaku dimana seseorang melakukan belanja tanpa mengutamakan keperluan dan kebutuhan hanya mementingkan keinginan untuk menyenangkan diri sendiri yang berdampak pada konsumtif dan timbulnya hutang. Sedangkan Self Concept adalah suatu pandangan atau gambaran akan diri individu yang memuat penilaian akan diri sendiri yang berkaitan dengan karakteristik diri berupa self image, ideal diri, self esteem, peran diri dan identitas diri. Penelitian ini adalah kuantitatif korelasional dengan bentuk metode surve dengan subjek 64 siswa SMAN 2 Bae Kudus. Dengan diberikan Skala sebagai alat ukur untuk mengetahui pengaruh antar variabel. Variabel bebasnya adalah Self concept dan variabel terikatnya adalah perilaku shopping addiction. Teknik pengumpulan data menggunakan Skala dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif statistik inferensial parametrik. Hasil penelitian membuktikan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan antara Self Concept terhadap perilaku Shopping Addiction dengan total pengaruh sebesar 19,3%. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisiensi regresi positif (+), dari membandingkan antara t hitung dengan t tabel didapatkan hasil bahwa nilai T hitung 2,680 lebih besar dari pada T tabel 2,042. Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, diketahui nilai R Square sebesar 0,193 yang diartikan bahwa pengaruh antar variabel sebesar 19,3%. Penelitian ini diharapkan menjadi informasi bagi konselor bahwa didalam timbulnya perilaku maladaptif terutama shopping addiction dipengaruhi oleh tingkat self concept individu tersebut. Tugas konselor selanjutnya setelah mengetahui akan hal ini adalah dapat membuat materi-materi keBkan yang dibutuhkan siswa didalam peningkatan self concept nya sehingga akan meminimalisir timbulnya perilaku maladaptif lainnya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Dr. Richma Hidayati, M.Pd Dosen Pembimbing II: Dr. Agung Slamet Kusmanto, M.Pd., Kons
Kata Kunci: Self Concept, Shopping Addiction, Siswa.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 06 Mar 2024 18:42
Last Modified: 06 Mar 2024 18:44
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20583

Actions (login required)

View Item View Item