Penerapan konseling rational emotive therapy (ret) untuk meningkatkan public speaking siswa kelas xi sma n 1 gebog

Ahyani, Devyta (2023) Penerapan konseling rational emotive therapy (ret) untuk meningkatkan public speaking siswa kelas xi sma n 1 gebog. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (920kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (622kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstrak

Kecemasan dalam public speaking siswa dapat menghambat tugas perkembangannya baik kognitif, sosial, maupun psikomotoriknya. Hal ini juga berpengaruh pada proses dan hasil belajar siswa, dimana siswa yang memiliki keterapilan public speaking rendah lebih terbatas dalam menyampaikan ide maupun informasi yang dimiliki. Apabila masalah ini terus dibiarkan maka akan mengakibatkan dampak negatif lainnya. Penanganan yang kurang tepat juga dapat memperburuk kondisi siswa yang memiliki keterampilan public speaking rendah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor penghambat keterampilan public speaking siswa dan untuk mengetahui penerapan konseling Rational Emotive Therapy (RET) untuk meningkatkan keterampilan public speaking siswa kelas XI SMA N 1 Gebog. Konseling Rational Emotive Therapy (RET) adalah Terapi yang digunakan untuk membantu konseli dalam menghilangkan cara berpikir yang tidak rasional dan gangguan emosional seperti kecewa, marah, benci lalu merubahnya menjadi cara berpikir yang rasional atau logis. Teknik self control merupakan kemampuan yang mampu mengatur dan mengontrol emosi seseorang sehingga konseli dapat mengendalikan kecemasan dalam public speaking. Penelitian studi kasus ini akan dilaksanakan di kelas XI SMA N 1 Gebog dengan subjek penelitian 2 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam 3 kali konseling pada kedua konseli. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data system bacon. Hasil penelitian ini yaitu mengetahui faktor faktor yang menyebabkan kecemasan dalam public speaking konseli I (SNA) dan konseli II (ABP). Kecemasan yang dialami SNA disebabkan oleh pemikiran yang tidak rasional yaitu berpikir negatif terhadap orang lain saat ia berbicara di depan umum, merasa bahwa orang lain menatap sinis. Setelah diterapkannya konseling Rational Emotive Therapy sebanyak tiga kali pertemuan, SNA mengalami perubahan sikap dan pemikiran yang lebih positif sehingga SNA mampu meningkatkan keterampilan public speakingnya. Selaras dengan hasil konseli I, ABP (konseli II) juga memiliki faktor yang menghambat yaitu ABP merasa bahwa dirinya tidak mampu berbicara di depan umum karena banyak orang lain yang lebih mampu darinya. Hasil dari tiga kali konseling, ABP memperlihatkan perubahan yaitu sudah bersedia untuk melakukan presentasi, memimpin diskusi, penyampaian yang jelas dan penguasaan materi meskipun perubahan tersebut terlihat secara bertahap Penelitian ini hendaknya guru BK dapat menerapkan konseling Rational Emotive Therapy (RET) untuk meningkatkan public speaking siswa yang masih rendah dan disebabkan oleh pemikiran yang irrasional.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Dr. Richma Hidayati, S.Pd., M.Pd Dosen Pembimbing II: Drs. Arista Kiswantoro, M.Pd
Kata Kunci: Rational Emotive Therapy (RET), Public Speaking, Self Control
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 06 Mar 2024 18:55
Last Modified: 06 Mar 2024 18:55
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20584

Actions (login required)

View Item View Item