Pengembangan model discovery learning Berbantuan permainan tradisional ular tangga di tk b gugus kardinah kendal

Rohmawati, Nur (2023) Pengembangan model discovery learning Berbantuan permainan tradisional ular tangga di tk b gugus kardinah kendal. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (966kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (941kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (994kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Anak usia dini membutuhkan upaya-upaya pendidikan untuk mencapai semua aspek perkembangan yang optimal baik perkembangan fisik maupun psikis, terutama dalam hal pertumbuhan dan kemampuan kognitif psikomotorik anak. Maka dari itu dibutuhkan sistem pembelajaran yang memotivasi minat belajar anak dalam penemuan baru yang mampu mengembangan sistem pembelajaran yang melibatkan anak dengan sistem belajar sambil bermain dengan menggunakan media pembelajaran. Penelitian ini adalah Reseach and Development yang dirancang untuk mencari temuan produk model yang tepat untuk dapat digunakan secara praktis dalam bidang pendidikan. Langkahnya yaitu: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji N-Gain serta regresi linear. Teknik keabsahan data meliputi data kuantitatif dan data kualitatif dengan menggunakan triangulasi konkuren dalam waktu yang bersamaan. Kedua data selanjutnya dibandingkan untuk mengetahui apakah terdapat konvergensi, perbedaan, atau kombinasi. Kesimpulan dari hasil penelitian yaitu bahwa model pembelajaran layak digunakan dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak di TK B Gugus Kardinah Kendal hal ini berdasarkan uji validitas ahli bahasa, validitas ahli model pembelajaran dan validitas ahli materi yang memberikan penilaian bahwa model pembelajaran discovery learning berbantuan permainan tradisional ular tangga layak digunakan pada kategori baik. Model pembelajaran efektif dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak di TK B Gugus Kardinah Kendal, hal ini berdasarkan nilai rata-rata kemampuan kognitif anak dari kelas eksperimen memiliki kemampuan kognitif anak yang relatif meningkat lebih baik dibanding kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Beberapa saran pada penelitian ini adalah 1) Guru di sarankan untuk mengaplikasikan model pembelajaran discovery learning berbantuan permainan tradisional ular tangga yang secara ilmiah sudah terbukti layak dan efektif. 2) guru hendaknya bisa lebih berkreasi dalam menciptakan model pembelajaran yang dikombinasikan dengan media pembelajaran. 3) desain pengembangan model agar hendaknya mengacu kepada kerakteristik anak. 4) itu model pembelajaran discovery learning berbantuan permainan tradisional ular tangga ini bisa menjadi referensi bagi guru dalam pembelajaran, 5) guru hendaknya bisa menjadikan model pembelajaran discovery learning berbantuan permainan tradisional ular tangga sebagai model yang digunakan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I : Dr. Agung Slamet Kusmanto, M.Pd, Kons. Dosen Pembimbing II :Dr. Sri Utaminingsih, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Discovery Learning, Traditional Games, Snakes and Ladders
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 06 Mar 2024 23:43
Last Modified: 06 Mar 2024 23:43
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20601

Actions (login required)

View Item View Item