Rohmawati, Nur (2023) Pengembangan model discovery learning Berbantuan permainan tradisional ular tangga di tk b gugus kardinah kendal. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
Bab I.pdf - Published Version Download (966kB) | Preview |
Text (BAB II)
Bab II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
Bab III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
Bab IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
Bab V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (941kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (994kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Anak usia dini membutuhkan upaya-upaya pendidikan untuk mencapai semua aspek perkembangan yang optimal baik perkembangan fisik maupun psikis, terutama dalam hal pertumbuhan dan kemampuan kognitif psikomotorik anak. Maka dari itu dibutuhkan sistem pembelajaran yang memotivasi minat belajar anak dalam penemuan baru yang mampu mengembangan sistem pembelajaran yang melibatkan anak dengan sistem belajar sambil bermain dengan menggunakan media pembelajaran. Penelitian ini adalah Reseach and Development yang dirancang untuk mencari temuan produk model yang tepat untuk dapat digunakan secara praktis dalam bidang pendidikan. Langkahnya yaitu: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji N-Gain serta regresi linear. Teknik keabsahan data meliputi data kuantitatif dan data kualitatif dengan menggunakan triangulasi konkuren dalam waktu yang bersamaan. Kedua data selanjutnya dibandingkan untuk mengetahui apakah terdapat konvergensi, perbedaan, atau kombinasi. Kesimpulan dari hasil penelitian yaitu bahwa model pembelajaran layak digunakan dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak di TK B Gugus Kardinah Kendal hal ini berdasarkan uji validitas ahli bahasa, validitas ahli model pembelajaran dan validitas ahli materi yang memberikan penilaian bahwa model pembelajaran discovery learning berbantuan permainan tradisional ular tangga layak digunakan pada kategori baik. Model pembelajaran efektif dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak di TK B Gugus Kardinah Kendal, hal ini berdasarkan nilai rata-rata kemampuan kognitif anak dari kelas eksperimen memiliki kemampuan kognitif anak yang relatif meningkat lebih baik dibanding kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Beberapa saran pada penelitian ini adalah 1) Guru di sarankan untuk mengaplikasikan model pembelajaran discovery learning berbantuan permainan tradisional ular tangga yang secara ilmiah sudah terbukti layak dan efektif. 2) guru hendaknya bisa lebih berkreasi dalam menciptakan model pembelajaran yang dikombinasikan dengan media pembelajaran. 3) desain pengembangan model agar hendaknya mengacu kepada kerakteristik anak. 4) itu model pembelajaran discovery learning berbantuan permainan tradisional ular tangga ini bisa menjadi referensi bagi guru dalam pembelajaran, 5) guru hendaknya bisa menjadikan model pembelajaran discovery learning berbantuan permainan tradisional ular tangga sebagai model yang digunakan.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I : Dr. Agung Slamet Kusmanto, M.Pd, Kons. Dosen Pembimbing II :Dr. Sri Utaminingsih, S.Pd, M.Pd. |
Kata Kunci: | Discovery Learning, Traditional Games, Snakes and Ladders |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 06 Mar 2024 23:43 |
Last Modified: | 06 Mar 2024 23:43 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20601 |
Actions (login required)
View Item |