Pengaruh model creative problem solving melalui media konkret terhadap kemampuan berpikir kreatif kelas iv di sdn 1 kaliombo

YASA, PUSPITA (2023) Pengaruh model creative problem solving melalui media konkret terhadap kemampuan berpikir kreatif kelas iv di sdn 1 kaliombo. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (463kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (37kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstrak

Tingkat berpikir kreatif peserta didik yang rendah disebabkan oleh metode pembelajaran yang konvensional. Fakta yang ditemukan di SDN 1 Kaliombo menjadi buktinya. Tujuan penelitian adalah: 1) mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara skor Pretest dan Posttest setelah penggunaan model pembelajaran Creative Problem Solving melalui media konkret, dan 2) mengetahui apakah ada peningkatan antara Pretest dan Posttest kemampuan berpikir kreatif saat menggunakan jaring-jaring kubus dan balok pada muatan pelajaran matematika. Model pembelajaran Creative Problem Solving merupakan model yang digunakan guru untuk memecahkan permasalahannya serta penguatan keterampilan berpikir kreatif. Media konkret yaitu alat yang digunakan seorang guru untuk menyampaikan materi yang bersifat abstrak. Sedangkan, kemampuan berpikir kreatif merupakan kemampuan untuk mengembangkan berbagai ide, sehingga dapat menghasilkan sesuatu yang baru dan mengetahui cara memecahkan masalah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ini yaitu One Group Pretest-Posttest Design. Populasi yang digunakan yaitu peserta didik kelas IV SDN 1 Kaliombo berjumlah 18 peserta didik. Pengampilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen penelitian meliputi tes dan dokumentasi. Metode Shapiro-Wilk untuk pengujian normalitas data dan Uji-t Paired t-test dan N-Gain untuk pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Creative Problem Solving melalui media konkret berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata Pretest 42,83 dan rata-rata Posttest sebesar 81,77. Hasil hipotesis Uji-t menunjukkan bahwa sig (2-tailed) 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil N-Gain juga menunjukkan nilai rata-rata sebesar 0,69 yang berarti penggunaan model pembelajaran Creative Problem Solving melalui media konkret dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas IV materi jaring-jaring kubus dan balok pada muatan pelajaran matematika di SDN 1 Kaliombo. Peserta didik membutuhkan model Creative Problem Solving dan media konkret. Penelitian ini sebaiknya guru menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dan media kreatif agar menarik peserta didik untuk memahami jaring-jaring kubus dan balok.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Lintang Krinoratri, M.Pd Dosen Pembimbing II: Lovika Ardana Riswari, M.Pd.
Kata Kunci: Creative Problem Solving; media konkret; Berpikir kreatif; matematika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 07 Mar 2024 01:02
Last Modified: 07 Mar 2024 01:02
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20604

Actions (login required)

View Item View Item