Pengaruh model pembelajaran student teams achievement division dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas iv sdn 8 kedungsari

HARMIKA, AKBAR TSABET AL-BAHR (2023) Pengaruh model pembelajaran student teams achievement division dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas iv sdn 8 kedungsari. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
Text (halaman judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (695kB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
Text (bab 1)
Bab I.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (526kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Banyak siswa yang belum memahami sepenuhnya tentang pembelajaran matematika, terutama ketika membahas sepenuhnya tentang sebuah pada suatu materi, terutama pada materi jaring-jaring bangun ruang. Siswa sulit membedakan mana jaring-jaring bangun ruang yang benar dengan yang bukan. Hal ini dikarenakan guru masih menggunakan model pembelajaran konvensinal. Akibatnya siswa menjadi pasif dan kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh model student teams achievement division terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model student teams achievement division terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Model student teams acheivement division merupakan suatu model pembelajaran kooperatif dan dilakukan dengan cara berkelompok. Sedangkan pemahaman konsep adalah kemampuan menangkap pengertian-pengertian seperti mampu mengungkapkan suatu materi yang disajikan ke dalam bentuk yang lebih mudah dipahami. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan preexperiment tipe one group pretest-posttest ini akan dilaksanakan di kelas IV SDN 8 Kedungsari dengan sampel penelitian 16 siswa. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan pemahaman konsep matematika, sedangkan variabel bebasnya adalah model student teams acheivement division. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, yang meliputi pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji paired sample t-test dan uji n-gain. Rata-rata nilai pretest mendapatkan 52,38 sedangkan rata-rata nilai posttest mendapatkan 82,94. Hasil dari pengujian paired sample t-test dengan menggunakan bantuan program SPSS 26 diperoleh nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh. Pengujian n-gain mendapatkan hasil 0,60 dengan kriteria peningkatan sedang. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran student teams acheivement division terdapat pengaruh dan dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas IV SDN 8 Kedungsari.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Lovika Ardana Riswari, S.Pd., M.Pd., Dosen Pembimbing 2: Much Arsyad Fardani, S.Pd., M.Pd.,
Kata Kunci: Pemahaman Konsep Matematika, Model Stundent Teams Acheivement Division
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 07 Mar 2024 01:32
Last Modified: 07 Mar 2024 01:32
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20608

Actions (login required)

View Item View Item