Peningkatan kemampuan menentukan ide pokok paragraf menggunakan model pembelajaran circ berbantuan kartu cerita pada siswa kelas iv sd n tanjungrejo 02

Issyafaroh, Siti (2023) Peningkatan kemampuan menentukan ide pokok paragraf menggunakan model pembelajaran circ berbantuan kartu cerita pada siswa kelas iv sd n tanjungrejo 02. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (504kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendreskripsikan keterampilan guru dalam mengajar, meningkatkan kemampuan menentukan ide pokok paragraf, dan meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek siswa kelas IV SD N Tanjungrejo 02 yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus yang disetiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis data kualitatif dan analisis data kualitatif kuantitatif. Validasi digunakan peneliti untuk menguji keabsahan ataupun kelayakan dari soal tes, modul, dan media pembelajaran. Hasil penelitian pada pengamatan keterampilan mengajar guru pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 73%, dan pada siklus II meningkat menjadi 94%. Sedangkan hasil pengamatan aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata kelas 74%, dan meningkat pada siklus II menjadi 92%. Pada tes kemampuan siswa dalam menentukan ide pokok paragraf siklus I memperoleh nilai ketuntasan klasikal sebesar 60%, dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan memperoleh nilai ketuntasan klasikal sebesar 90%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, kemampuan siswa dalam menentukan ide pokok paragraf dengan menggunakan model pembelajaran CIRC berbantuan kartu cerita pada materi ide pokok paragraf. Diharapkan guru dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran CIRC berbantuan kartu cerita dapat melakukan perencanaan yang matang agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Untuk siswa diharapkan lebih memperhatikan pada saat guru menjelaskan materi, dan dapat menggunakan media pembelajaran untuk belajar. Selain itu peneliti juga berharap agar penelitian ini dapat menjadi acuan dalam pengembangan penelitian selanjutnya pada materi ide pokok paragraf.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I : Lintang Kironoratri, S.Pd., M.Pd Dosen Pembimbing II : Deka Setiawan, M.Pd
Kata Kunci: Ide Pokok Paragraf, CIRC, kartu cerita, Aktivitas Belajar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 07 Mar 2024 18:49
Last Modified: 07 Mar 2024 18:49
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20610

Actions (login required)

View Item View Item