Pengaruh “media ular tangga keberagaman” terhadap hasil belajar muatan ppkn dan bahasa indonesia tema 7 subtema 1 siswa kelas v sd it rohmatul ummah

SYAFRIA, MEILA NOOR (2023) Pengaruh “media ular tangga keberagaman” terhadap hasil belajar muatan ppkn dan bahasa indonesia tema 7 subtema 1 siswa kelas v sd it rohmatul ummah. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal.Judul.pdf - Published Version

Download (569kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (414kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (837kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran, khususnya melalui media pembelajaran, diukur dari hasil belajar. Hal ini sesuai dengan situasi di dalam kelas, dimana siswa kesulitan untuk memahami informasi yang diajarkan karena guru hanya mengajarkannya melalui ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media ular tangga keberagaman dan peningkatan hasil belajar belajar siswa menggunakan media ular tangga keberagaman muatan PPKn dan Bahasa Indonesia kelas V SD IT rohmatul Ummah. Media ular tangga Keberagaman adalah sebuah media permainan yang di dalam nomor-nomor terdapat kartu yang berisikan soal soal mengenai materi Keberangaman Suku Bangsa dan Budaya Indonesia. Desain media ular tangga Keberagaman dibuat semenarik mungkin disesuaikan degan materi yang diambil yaitu muatan PPKn dan Bahasa Indonesia yang terdapat pada Tema 7 Subtema 1. Media tersebut akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada Tema 7 Subtema 1. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan jenis one grup pretest-posttest design. Penelitian ini menggunakan subjek seluruh siswa kelas V SD IT Rohmatul Ummah yang berumlah 20 siswa dengan teknik pengambilan sampel non-probability sampling jenis sampel jenuh. Pengumpulan data berupa tes dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa uji validitas Ekpert judgement, uji T, dan uji N-Gain. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media ular tangga keberagaman pada tema 7 subtema 1 siswa kelas V SD IT Rohmatul Ummah dapat memberikan pengaruh dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pernyataan tersebut dapat diperoleh dari hasil uji paired sample T-Test dan uji N-Gain pada aplikasi spss versi 25. Pada pengujian tersebut diperoleh hasil ui paired sample T-Test dengan signifikasi 0,000 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima, sedangkan hasil N-Gain sebesar 80,9% yang berarti H0 ditolak dan Ha dterima. Simpulan dari penelitian ini yaitu:(1) penggunaan media ular tangga keberagaman terdapat pengaruh yang sigifikan pada hasil belajar saat sebelum dan sesudah diberi perlakuan.(2) terdapat peningkatan hasil belajar siswa menggunakan media ular tangga keberagaman PPKN dan Bahasa Indonesia Tema 7 Subtema 1 siswa kelas V SD IT Rohmatul Ummah.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I : Ika Ari Pratiwi, M.Pd Dosen Pembimbing II : Mohammad Syafruddin S.Si, M,Or
Kata Kunci: Media Ular Tangga Keberagaman, Hasil Belajar, Tema 7 Subtema 1
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 07 Mar 2024 19:21
Last Modified: 07 Mar 2024 19:21
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20612

Actions (login required)

View Item View Item