Penerapan model problem based learning berbantuan media kartu masalah untuk peningkatan hasil belajar ppkn kelas iii sdn bintoro 16 demak

NUGRAHENI, SELVIANA VIVI (2023) Penerapan model problem based learning berbantuan media kartu masalah untuk peningkatan hasil belajar ppkn kelas iii sdn bintoro 16 demak. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (880kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (428kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (554kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (388kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (18MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya permasalahan pada proses pembelajaran yang ditemukan peneliti yaitu rendahnya hasil belajar siswa di kelas III SDN Bintoro 16 Demak. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa, dan keterampilan guru melalui model problem based learning berbantuan media kartu masalah pada tema energi dan perubahannya kelas III SDN Bintoro 16 Demak. Problem based learning merupakan model pembelajaran berbasis masalah yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pemecahan permasalahan yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar merupakan tingkat keberhasilan yang telah dicapai siswa dalam proses belajar di kelas berupa tes pada ranah kognitif, afektif, psikomotor. Keterampilan mengajar guru memiliki peranan penting dalam keberhasilan untuk capaian hasil belajar siswa. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas III SDN Bintoro 16 Demak dengan subjek penelitian 8 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumtasi, dan tes. Hasil penelitian tindakan kelas ini yaitu penerapan model Problem Based Learning berbantuan media kartu masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan keterampilan mengajar guru pada pembelajaran PPKn. Hal ini berdasarkan pada data hasil belajar siswa ranah pengetahuan mengalami peningkatan, pada siklus I memperoleh 62,5% dan pada siklus II meningkat menjadi 87,5%. Sedangkan pada data hasil keterampilan mengajar guru mengalami peningkatan, pada siklus I memperoleh 74% dan pada siklus II meningkat menjadi 86,45%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar PPKn dan keterampilan guru. Peneliti memberikan saran kepada (1) guru, pada proses pembelajaran perlu menerapkan model yang dapat menciptakan kondisi belajar menyenangkan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa; (2) siswa, hendaknya aktif dalam pembelajaran; (3) sekolah, perlu menindaklanjuti dan menerapkan model Problem Based Learning pada mata pelajaran yang lain.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I : Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd., MA., Dosen Pembimbing II :Dr. Wawan Shokib Rondli, S.Pd., M.Pd.,
Kata Kunci: Problem Based Learning, Media Kartu Masalah, Hasil Belajar Siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 07 Mar 2024 19:43
Last Modified: 07 Mar 2024 19:43
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20614

Actions (login required)

View Item View Item