Pengaruh model project based learning dan model savi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas iv sd gugus ki hajar dewantara kecamatan tlogowungu pada mata pelajaran ipas

NOVITA, ADIK LIA (2023) Pengaruh model project based learning dan model savi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas iv sd gugus ki hajar dewantara kecamatan tlogowungu pada mata pelajaran ipas. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
Text (HAL JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (671kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[thumbnail of BAB IV]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (573kB) | Preview
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (428kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstrak

Model pembelajaran Project Based Learning adalah model pembelajaran yang menggunakan masalah yang mungkin dialami pada kehidupan nyata kemudian dilakukan eksperimen atau penelitian supaya dapat menghasilkan produk nyata sesuai dengan kemampuan peserta didik tersebut dan diharapkan dapat melatih keterampilan siswa khususnya kemampuan berpikir kritis siswa. Pendekatan SAVI merupakan suatu proses pembelajaran yang diawali dari menggabungkan gerak fisik dengan aktivitas Intellectual dan menggunakan semua alat indera. Berpikir kritis adalah menyimpulkan apa yang diketahui, mengetahui cara menggunakan informasi untuk memecahkan masalah dan mampu mencari sumber informasi yang relevan dengan melibatkan evaluasi bukti. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian true eksperimental desain menggunakan bentuk pretest-posttest control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD di Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Tlogowungu kabupaten Pati yang berjumlah 10 sekolah. Adapun sampel penelitiannya yaitu di SDN Guwo 03 dengan siswa kelas IV yang berjumlah 32 peserta didik dan siswa kelas IV di SDN Tlogowungu 03 yang berjumlah 32 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Sedangkan siswa kelas IV di SDN Purwosari 02 yang berjumlah 31 peserta didik sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa tes. Analisis data awal meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Project Based Learning berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD dari uji-t menunjukkan 6.567 > 2.000 dan uji N-gain sebesar 56,16. Penggunaan model SAVI berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD dari uji-t menunjukkan 2.181 > 2.000 dan uji N.gain sebesar 62,47. ditemukan perbedaan hasil kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model Project Based Learning dengan SAVI. Ditunjukkan analisis regresi Uji F varian yaitu sebesar 0.003 < 0.05 nilai F hitung 6.564 > F Tabel 4.10 koefisien diterminasi sebesar 18,2 % dan N.gain cukup efektif sebesar 56,16 dan 62,47. Berdasarkan hasil dari penelitian, disimpulkan bahwa model Project Based Learning dan SAVI berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Tlogowungu pada mata pelajaran IPAS.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1 : Dr. Su’ad, M.Pd. Dosen Pembimbing 2 : Dr. Drs. Ahmad Hilal Madjdi, M.Pd
Kata Kunci: Model Project Based Learning, SAVI, Kemampuan Berpikir Kritis Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh model Project Based Learning dan model SAVI (Somatik, Auditori, Visual, dan Intelektual ) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SD Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati Kelas IV pada mata pelajaran IPAS.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 07 Mar 2024 19:49
Last Modified: 07 Mar 2024 19:49
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20615

Actions (login required)

View Item View Item