Pengaruh model discovery learning berbantuan audiovisual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas iv

ILFA, MUHAMMAD KHAZA (2023) Pengaruh model discovery learning berbantuan audiovisual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas iv. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (588kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (825kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (455kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (537kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Pembelajaran matematika memiliki tujuan untuk mendukung siswa mampu memecahkan suatu permasalahan melalui proses berpikir rasional, logis, dan kritis, sehingga kemampuan memecahkan masalah seorang siswa memiliki peranan utama untuk mencapai tujuan pembelajaran matematika. Hasil dari tes pra penelitian yang sudah dikerjakan oleh peserta didik menunjukkan bahwa di kelas IV SD Negeri 1 Klumpit hanya 20% anak yang dapat memecahkan masalah matematika. 80% siswa belum mampu memahami pemecahan masalah matematika. Discovery Learning merupakan model pembelajaran yang menitikberatkan pada siswa untuk dapat menemukan konsep, prosedur, algoritma dan semacamnya dengan melibatkan siswa secara langsung dalam pemecahan masalah. Audiovisual adalah jenis media yang mengabungkan antara indera penglihatan dan indera pendengaran sehingga peserta didik bisa langsung melihat apa yang disampaikan oleh guru dengan antusias belajar yang menyenangkan, sehingga siswa merasa nyaman, aman, enjoy, santai dan kelas tidak terasa tertekan, dan tidak menakutkan. Audiovisual menawarkan pembelajaran yang menarik, kreatif, inovatif dan menyenangkan. Kemampuan pemecahan masalah matematika merupakan kemampuan dimana siswa berupaya untuk mencari jalan keluar yang dilakukan dalam mencapai tujuan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen dilakukan dengan memberikan perlakuan terhadap subyek penelitian kemudian melihat pengaruh dari perlakuan tersebut. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest pada 25 siswa di SD Negeri 1 Klumpit. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu data kuantitatif uji paired sample t-test dan uji n-gain. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh model discovery learning berbantuan audiovisual terhadap perbedaan rata-rata dan peningkatan hasil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV SD Negeri 1 Klumpit. Rata-rata nilai pretest mendapatkan 47.84, sedangkan rata-rata nilai posttest mendapatkan 80.36. Hasil dari pengujian paired sample t-test dengan menggunakan bantuan program SPSS 26 diperoleh nilai signifikan (2-tailed) adalah 0.000 < 0.05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Pengujian n-gain mendapatkan hasil 0.61 dengan kriteria peningkatan sedang. Sebaiknya guru dapat menerapkan model pembelajaran discovery learning berbantuan audiovisual untuk menjadikan pembelajaran yang lebih aktif agar siswa senang dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV SD Negeri 1 Klumpit.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Sekar Dwi Ardianti, S.Pd, M.Pd. Dosen Pembimbing II: Moh Syafruddin Kuryanto, S.Si, M.Or.
Kata Kunci: Discovery Learning, Audiovisual, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 07 Mar 2024 20:15
Last Modified: 07 Mar 2024 20:15
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20617

Actions (login required)

View Item View Item