Pengaruh model pembelajaran two stay two stray dan jigsaw terhadap motivasi dan hasil belajar ipa materi gaya kelas iv sd kecamatan batealit jepara

SIWI, CATUR RAKA (2023) Pengaruh model pembelajaran two stay two stray dan jigsaw terhadap motivasi dan hasil belajar ipa materi gaya kelas iv sd kecamatan batealit jepara. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menganalisis Seberapa besar pengaruh model pembelajaran TSTS terhadap peningkatan motivasi belajar siswa, (2) Menganalisis Seberapa besar pengaruh model TSTS terhadap peningkatan hasil belajar siswa, (3) Menganalisis seberapa besar pengaruh model Jigsaw terhadap peningkatan terhadap motivasi belajar siswa, (4) Seberapa besar pengaruh model Jigsaw terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi-experimental dengan bentuk nonequalivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD di Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara tahun pelajaran 2021/2022 yaitu sebanyak 37 SD. Pemilihan sampling dalam penelitian ini adalah dengan teknik Rundom Sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan tes. Metode analasis data menggunakan uji regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengaruh model TSTS terhadap motivasi belajar siswa didasarkan nilai thitung 7,034 dengan R Square 0,779 dan taraf signifikansi 0,000 pada H1, (2) pengaruh model TSTS terhadap hasil belajar siswa nilai thitung 6,667 dengan R Square 0,760 dan taraf signifikansi 0,000 pada H2, (3) pengaruh model Jigsaw terhadap motivasi belajar siswa nilai thitung 7,088 dengan R Square 0,782 dan taraf signifikansi 0,000 pada H3, (4) pengaruh model Jigsaw terhadap hasil belajar siswa nilai thitung 6,733 dengan R Square 0,764 dan taraf signifikansi 0,000 pada H4. Simpulan penelitian ini adalah (1) Penerapan model pembelajaran TSTS berpengaruh positif terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas IV SD Kecamatan Batealit (2) Penerapan model pembelajaran TSTS berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Kecamatan Batealit, (3) Penerapan model pembelajaran Jigsaw berpengaruh positif terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas IV SD Kecamatan Batealit, (4) Penerapan model pembelajaran Jigsaw berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Kecamatan Batealit.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Dr. Santoso, S.Pd., M.Pd., Dosen Pembimbing II: Dr. Mochamad Widjanarko, S.Psi., M.Si.
Kata Kunci: Two Stay Two Stray, Jigsaw, IPA
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 07 Mar 2024 20:21
Last Modified: 07 Mar 2024 20:21
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20618

Actions (login required)

View Item View Item