Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis pada siswa kelas v sekolah dasar

MAHARANI, YESSISCA ARUM NIRWANI (2023) Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis pada siswa kelas v sekolah dasar. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (643kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (89kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (635kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini didasarkan pada hasil wawancara dan analisis nilai ulangan harian matematika dari guru kelas yang menunjukkan bahwa kurang maksimalnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas V di SD 5 Bae. Dimana kemampuan pemahaman konsep penting untuk dikuasai siswa dalam pembelajaran matematika. Tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas V berdasarkan tingkat kemampuan matematis rendah, sedang, dan tinggi. Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan pengetahuan siswa tentang konsep dan pemahaman ide matematika dengan menggunakan strategi pemecahan masalah yang dipresentasikan dengan membangun pengetahuan baru dengan pengetahuan sebelumnya. Terdapat 5 indikator kemampuan pemahaman konsep matematis yaitu (1) menyatakan ulang sebuah konsep, (2) mengklasifikasikan objek berdasarkan sifat-sifat tertentu sesuai konsepnya, (3) menyajikan contoh dan bukan contoh dari suatu konsep, (4) menyajikan konsep ke dalam berbagai bentuk representasi matematis, (5) Mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup dari suatu konsep. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di SD 5 Bae dengan subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 6 siswa yang diambil berdasarkan kategori tingkat kemampuan matematis rendah, sedang, dan tinggi. Teknik pengambilan subjek yang digunakan dengan cara teknik purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis Miles and Hubermain dengan 4 tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Siswa dengan kategori kemampuan matematis rendah memenuhi 1 indikator dengan tingkat kemampuan pemamahan konsep matematis yang rendah. Siswa dengan kategori kemampuan matematis sedang memenuhi 4 indikator dengan tingkat kemampuan pemahaman konsep matematis yang cukup baik. Siswa dengan kategori kemampuan matematis tinggi memenuhi 5 indikator dengan tingkat kemampuan pemahaman konsep matematis yang sangat baik. Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dapat ditentukan berdasarkan tingkat kemampuan matematis yang dimilikinya. Semakin tinggi kemampuan matematis siswa maka semakin baik pula kemampuan pemahaman dalam mengembangkan konsep matematika yang telah dimilikinya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: F. Shoufika Hilyana, S.Si., M.Pd Dosen Pembimbing II: Fitriyah Amaliyah, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemampuan Matematis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 07 Mar 2024 20:41
Last Modified: 07 Mar 2024 20:41
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20620

Actions (login required)

View Item View Item