Implementasi kurikulum merdeka dalam penguatan profil pelajar pancasila di sdit al islam kudus

SALMA, RAFIDA (2023) Implementasi kurikulum merdeka dalam penguatan profil pelajar pancasila di sdit al islam kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal Judul.pdf - Published Version

Download (601kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy

Abstrak

SDIT Al Islam Kudus merupakan salah satu sekolah dasar yang telah menanamkan pendidikan karakter, khususnya karakter religius pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL) SIT yang sejalan dengan dimensi profil pelajar Pancasila. Penelitian dilakukan dengan tujuan menggali lebih dalam implementasi kurikulum merdeka serta Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SDIT Al Islam Kudus. Kurikulum merdeka merupakan sebuah inovasi yang bertujuan untuk memulihkan pembelajaran dari krisis pendidikan yang telah lama terjadi di Indonesia. Kurikulum merdeka menerapkan pembelajaran beragam karena fokus pada konten yang esensial agar peserta didik memiliki waktu yang cukup dalam mendalami konsep dan kompetensi. Sedangkan Profil pelajar Pancasila merupakan manifestasi dari kompetensi ideal karakter pelajar Indonesia yang sesuai dengan jati diri, cita-cita, ideologi bangsa Indonesia, dan nilai-nilai Pancasila. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan instrumen berupa lembar observasi, panduan wawancara, dan alat pendukung dokumentasi. Proses analisis data menggunakan teknik analisis data Yin, yakni menggunakan strategi khusus yang meliputi penjodohan pola, pembuatan eksplanasi, dan analisis deret waktu. Peneliti menggunakan teknik pengujian keabsahan data berupa credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum merdeka di SDIT Al Islam Kudus telah dilaksanakan secara progresif dengan alokasi waktu yang lebih sederhana dan fleksibel. Pengembangan kurikulum dan pembelajaran dikemas menggunakan prinsip student centered, kontekstual, esensial, pengembangan kompetensi dan karakter peserta didik secara holistik, dan akuntabel. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) disusun dengan konsep pendidikan karakter sesuai dengan 7 SKL SIT. Kurikulum merdeka dan P5 hadir untuk menyiapkan generasi bangsa yang berwawasan luas, berkarakter, mandiri, dan peduli dengan lingkungan sekitar. Oleh karena itu, tenaga pendidik, peserta didik, orang tua/wali peserta didik, dan masyarakat diharapkan dapat berkontribusi pemikiran dan memberikan sumbangsih untuk Indonesia agar dapat meminimalisir ketertinggalan kualitas pendidikan di masa depan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Fina Fakhriyah, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II: Lovika Ardana Riswari, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Profil Pelajar Pancasila, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Pendidikan Karakter
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 07 Mar 2024 20:47
Last Modified: 07 Mar 2024 20:47
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20621

Actions (login required)

View Item View Item