CHASANAH, USWATUN (2023) Analisis pentingnya bimbingan orang tua terhadap kecerdasan interpersonal anak. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (878kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (480kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (551kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (485kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (235kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (470kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kecerdasan interpersonal anak di desa Jekulo Pulutan yang duduk di kelas 5 SDN 6 Jekulo dan bentuk bimbingan orang tua anak. Kecerdasan interpersonal sangat diperlukan anak dalam proses interaksi sosialnya. Setiap anak memiliki kecerdasan interpersonal yang berbeda-beda sesuai dengan bimbingan orang tuanya. Oleh karena itu, bimbingan orang tua sangat penting terhadap kecerdasan interpersonal anak. Bimbingan orang tua, merupakan upaya membimbing anak untuk mengembangkan kepribadian pada dirinya dengan memperhatikan kehidupan di lingkungan masyarakat. Sedangkan, kecerdasan interpersonal merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk berinteraksi dengan orang lain yaitu mampu berempati dan bertoleransi serta bekerja sama dengan baik dan mengembangkan hubungan yang harmonis dengan orang lain. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif naratif dengan merincikan analisis pentingnya bimbingan orang tua terhadap kecerdasan interpersonal anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tahap wawancara, observasi, dokumentasi dan pencatatan. Informan utama dalam penelitian ini berjumlah 6 anak kelas 5 SDN 6 Jekulo dan orang tuanya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk kecerdasan interpesonal yang dimiliki oleh anak yang duduk di kelas 5 SDN 6 Jekulo memiliki kecerdasan interpersonal yang berbeda antara anak satu dengan anak yang lain. Anak yang memiliki kecerdasan interpersonal cukup baik mampu mencapai indikator kecerdasan interpersonal diantaranya NK, IA, BN dan WL, sedangkan anak yang memiliki kecerdasan interpersonal kurang baik belum mampu mencapai indikator kecerdasan interpersonal diantaranya HW dan MA. Anak harus mampu mengembangkan kecerdasan interpersonal yang ada pada dirinya dan orang tua senantiasa mampu memberikan peran penting dalam pembentukan kecerdasan interpersonal anak. Kecerdasan interpersonal anak dipengaruhi oleh bimbingan sosial-pribadi orang tua dengan metode-metode bimbingan yang diberikan kepada anak
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I: Imaniar Purbasari, S.Pd., M.Pd Dosen Pembimbing II: Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.A. |
Kata Kunci: | Bimbingan Orang Tua, Kecerdasan Interpersonal |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 07 Mar 2024 20:54 |
Last Modified: | 07 Mar 2024 20:54 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20622 |
Actions (login required)
View Item |