Analisis kemampuan membaca permulaan pada anak gangguan kesulitan membaca dengan modul pembelajaran jalan bahasa

KHOIRUNNISA, SOFIA (2023) Analisis kemampuan membaca permulaan pada anak gangguan kesulitan membaca dengan modul pembelajaran jalan bahasa. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (624kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (16kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Kemampuan manusia dalam belajar adalah karakteristik yang membedakan manusia dengan makhluk hisup lainnya. Kemampuan membaca permulaan adalah keterampilan yang harus dimiliki oleh setiap peserta didik pada masa sekolah dasar. Kemampuan berbahasa siswa yang rendah mengakibatkan siswa mengalami gangguan kesulitan belajar membaca. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan membaca permulaan pada anak dengan gangguan kesulitan membaca permulaan dalam modul pembelajaran jalan bahasa. Kesulitan membaca permulaan yang dihadapi oleh siswa yang satu dengan yang lain tentunya berbeda. Oleh karena itu perlu adanya identifikasi yang lebih dalam lagi terkait kesulitan-kesulitan yang dialami oleh siswa, agar hal tersebut dapat membantu siswa yang mengalami kesulitn membaca permuulaan. Modul Pembelajaran jalan bahasa adalah salah satu alternative yang digunakan oleh peneliti sebagai media dalam penelitian karena modul ini berisi tahapan belajar membaca permulaan yang dikemas dengan warna dan tampilan yang menarik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tawangrejo, Kunduran, Blora. Informan dalam penelitian ini adalah 3 orang siswa kelas III yang mengalami gangguan kesulitan membaca. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpuan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca pada anak yang mengalami gangguan kesulitan membaca pada tahap membaca permulaan yang dialami siswa kelas III SDN 2 Tawangrejo berbeda dari siswa yang satu dengan lainnya. Melalui hasil pengamatan terkait evaluasi EGRA yang dilakukan oleh asesor, tentang lima aspek membaca permulaan; 1) Identifikasi huruf, 2) membaca kata. 3) membaca kata tanpa makna, 4) intonasi dan kelancaran membaca, 5) menyimak. Hasil menunjukkan bahwa karakteristik kesulitan membaca permulaan yang dialami siswa berbeda-beda dari siswa yang satu dengan lainnya. Berdasarkan temuan penelitian yang didapatkan beberapa karakteristik membaca permulaan tersebut diantaraya adalah; kesulitan membedakan huruf yang memiliki bentuk mirip, kesulitan membedakan huruf yang berbunyi hampir sama, kesulitan mengeja kata yang terdiri dari huruf gabungan “ng” dan “ny”, belum sepenuhnya hafal keseluruhan huruf abjad sehingga menyebabkannya lama dalam mengeja, kesulitan dalam membaca kata baru, seringkali mengganti kata baru meggunakan kata yang lebih diketahui siswa, kesulitan dalam berkonsentrasi saat menyimak, sehingga seringkali menebak sesuka hati dalam menjawab pertanyaan apabila diminta mendengarkan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I : Irfai Fathurohman, M.Pd., Dosen Pembimbing II : Lovika Ardana Riswari, M.Pd.,
Kata Kunci: Kemampuan Membaca Permulaan, Kesulitan Belajar, Modul Jalan Bahasa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 07 Mar 2024 23:45
Last Modified: 07 Mar 2024 23:45
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20626

Actions (login required)

View Item View Item