Pengembangan media pembelajaran pop-up book berbasis kearifan lokal pati pada mata pelajaran ipas untuk siswa kelas iv sekolah dasar

Azizah, Fitrahani Nur (2023) Pengembangan media pembelajaran pop-up book berbasis kearifan lokal pati pada mata pelajaran ipas untuk siswa kelas iv sekolah dasar. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
Text (halaman judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (547kB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (527kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (616kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Guru dalam menyampaikan materi terkadang terasa membosankan karena hanya dijelakan melalui metode ceramah. Oleh karena itu, dalam penyampaian materi pelajaran sebaiknyanya menggunakan bahan ajar atau sumber pendukung pembelajaran baik media digital maupun media cetak, yang mampu menciptakan suasana belajar lebih menarik dan tidak monoton. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana desain dan kelayakan pengembangan media pembelajaran Pop-Up Book berbasis kearifan lokal Pati. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui analisis kebutuhan media, menghasilkan desain pengembangan media, dan mengetahui kelayakan media pembelajaran Pop-Up Book berbasis kearifan lokal Pati pada mata pelajaran IPAS untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Pop-Up Book adalah buku dengan perspektif tiga dimensi yang bergerak saat dibuka. Kearifan lokal dapat diartikan sebagai cara hidup atau pengetahuan yang diturunkan dari generasi ke generasi sebagai bagian dari budaya. IPAS merupakan mata pelajaran gabungan dari IPA dan IPS yang mempelajari tentang kehidupan dan interaksi alam semesta dan benda mati, serta keberadaan manusia sebagai individu dan makhluk sosial yang berinteraksi dengan lingkungannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Delevopment) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik analisis yang digunakan, yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil validasi ahli materi tahap I mendapatkan skor keseluruhan yaitu 80% dengan kriteria “Layak”, sedangkan pada tahap II memperoleh skor 96,25% dengan kriteria “Sangat Layak”. Sedangkan hasil validasi dari ahli media tahap I mendapat skor keseluruhan yaitu 97,5% dengan kriteria “Sangat Layak”, sedangkan tahap II memperoleh skor sebesar 98,75% dengan kriteria “Sangat Layak”. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran Pop-Up Book Berbasis Kearifan Lokal Pati yang dikembangkan oleh peneliti Sangat Layak digunakan. Berdasarkan hasil validasi produk dapat disimpulkan bahwa media Pop-Up Book berbasis kearifan lokal Pati “Sangat Layak” digunakan untuk uji coba. Sebaiknya saat guru mengajar perlu memperhatikan penggunaan media pembelajaran yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan pembelajaran agar lebih baik dan penggunaan media dapat membantu siswa memahami materi yang disampaikan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Dr. Erik Aditia Ismaya, M.A., Dosen Pembimbing 2: Dr. Khamdun, M.Pd.,
Kata Kunci: Pop-Up Book, Kearifan Lokal, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 08 Mar 2024 18:07
Last Modified: 08 Mar 2024 18:07
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20633

Actions (login required)

View Item View Item