ROFAH, AISYAH (2023) Pengembangan project story book berbasis kearifan lokal kabupaten kudus untuk meningkatkan kemampuan science inquiry anak usia dini. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version Download (856kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (208kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (228kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (241kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (281kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (59kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (197kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (137kB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang maksimalnya kemampuan science inquiry pada anak usia dini. Hal ini disebabkan karena terbatasnya media pembelajaran berupa buku yang dapat menstimulasi kemampuan science inquiry anak dalam memecahkan masalah sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan desain pengembangan project story book untuk meningkatkan kemampuan science inquiry anak usia dini; (2) mendeskripsikan penerapan project story book untuk meningkatkan kemampuan science inquiry anak usia dini; (3) menganalisis kelayakan project story book untuk meningkatkan kemampuan science inquiry anak usia dini; (4) menganalisis efektifitas project story book untuk meningkatkan kemampuan science inquiry anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang mengacu pada model penelitian pengembangan Borg and Gall. Penelitian pengembangan ini memiliki 10 langkah yaitu: (1) Research and Information collection; (2) Planning; (3) Develop Preliminary form of Product; (4) Preliminary Field Testing; (5) Main Product Revision; (6) Main Field Testing; (7) Operational Product Revision; (8) Operational Field Testing; (9) Final Product Revision; (10) Disemination and Implementasi. Penelitian ini dilakukan di 2 TK yaitu : TK YWKA Kudus dan TK Pertiwi 07.1 Kabupaten Kudus dengan jumlah keseluruhan subyek penelitian yaitu 33 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, angket dan lembar observasi. Teknik analisis data kelayakan produk menggunakan hasil validasi ahli, respon guru dan respon anak. Sedangkan uji efektivitas menggunakan uji n-gain dan uji t- Paired Samples Test. Hasil penelitian : 1) Diperlukan media pembelajaran untuk menstimulasi kemampuan science inquiry anak; 2) Pengembangan project story book berbasis kearifan lokal Kabupaten Kudus dapat meningkatkan kemampuan science inquiry anak; 3) Media pembelajaran project story book berbasis kearifan lokal Kabupaten Kudus berdasarkan hasil validasi ahli materi dan ahli media dinyatakan layak untuk meningkatkan kemampuan science inquiry anak; 4) Pengembangan project story book berbasis kearifan lokal Kabupaten Kudus efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan science inquiry anak usia dini dengan uji t sebesar 6,9 > t table 1,67. Sedangkan nilai n-gain sebesar 0,4 dalam kategori sedang. Sehingga pengembangan project story book berbasis kearifan lokal Kabapten Kudus dapat efektif digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I: Dr. Santoso, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II: Dr. Fitri Budi Suryani, S.S., M.Pd. |
Kata Kunci: | buku cerita, project story book , kearifan lokal, science inquiry |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 18:18 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 18:18 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20634 |
Actions (login required)
View Item |