Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan supervisi akademik terhadap kinerja guru sekolah dasar di kecamatan tahunan kabupaten jepara

Suwarno, Suwarno (2023) Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan supervisi akademik terhadap kinerja guru sekolah dasar di kecamatan tahunan kabupaten jepara. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (899kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (557kB) | Request a copy

Abstrak

Kepemimpinan Kepala Sekolah dan pelaksanaan supervisi akademik dapat berpengaruh terhadap kinerja guru. Seorang pemimpin di sekolah harus mampu menjadi seorang konsultan atau supervisor untuk memahami kebutuhan guru dan memberi alternatif pemecahannya serta memotivasi guru agar lebih kreatif dan inovatif. Tujuan penelitian ini ialah 1) untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, 2) untuk mengetahui pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja guru. 3) untuk mengetahui bagaimana kinerja guru Sekolah Dasar di Jepara. Menurut (Pps et al., 2020), Kepala sekolah merupakan individu yang mampu mempengaruhi bawahan dengan caranya sendiri melalui gaya kepemimpinannya dan bagaimana melaksanakan tupoksinya sebagai supervisor. Supervisi akademik adalah kegiatan pengawasan dan bimbingan dalam upaya pembinaan dan pengembangan kegiatan kerjasama dalam suatu organisasi (Suharsongko, 2019). Nasution (dalam Nawawi: 1986) mengartikan supervisi pendidikan adalah layanan yang bersifat membimbing, memfasilitasi, memotivasi serta menilai guru dalam pelaksanaan pembelajaran dan pengembangan profesinya secara efektif (Nasution, Inom,2021). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi penelitian Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Tahunan yang berjumlah 262 guru dengan sampel sebanyak 155. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Alasan pemilihan lokasi ini adalah agar peneliti lebih maksimal untuk memperoleh data yang diharapkan. Dalam penelitian ini ada 3 variabel, yang terdiri atas 2 variabel bebas yaitu (1) Kepemimpinan Kepala Sekolah (2) Supervisi Kepala Sekolah, dan 1 variabel terikat yaitu kinerja guru. Data penelitian yang dikumpulkan dianalisis secara statitik deskriptif dan korelasi untuk mencari pengaruh variabel bebas terhadap variabel independen. Hasil penelitian Kepemimpinan Kepala Sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru sebesar 0,007 dengan koefisien regresi bertanda positif. Nilai signifikansi < 0,05 dan koefisien regresi bertanda positif. Supervisi akademik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,005 (0,000 < 0,005). Maka supervisi akademik berpengaruh positif terhadap kinerja guru SD di Jepara. Koefisien regresi supervisi akademik terhadap kinerja guru 1,235 (positif), artinya dengan adanya supervisi akademik dapat meningkatkan kinerja guru SD di Jepara. Kepemimpinan kepala sekolah yang demokratis dengan didukung pelaksanaan supervisi akademik yang dilakukan oleh Kepala Sekolah secara periodik mampu meningkatkan kinerja guru sesuai kompetensi yang dimiliki guru untuk menjadi guru profesional.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Dr. Ahmad Hariyadi, M.Pd. Dosen Pembimbing II: Dr. Suad, M.Pd.
Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Supervisi akademik, Kinerja Guru.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 08 Mar 2024 18:32
Last Modified: 08 Mar 2024 18:32
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20639

Actions (login required)

View Item View Item