SULISTIYANI, SULISTIYANI (2023) Penerapan model pembelajaran think pair share berbantuan media papi (papan peta indonesia) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas v sdn 4 rahtawu gebog kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (573kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (199kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (354kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (486kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (649kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (96kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (249kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa melalui model Think Pair Share berbantuan media PaPI pada tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita kelas V SDN 4 Rahtawu Gebog Kudus. Model Think Pair Share adalah suatu model pembelajaran kooperatif yang memberikan waktu kepada siswa untuk berefleksi, menjawab, dan membantu satu sama lain. Hasil belajar siswa adalah hasil yang dicapai siswa setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menilai pengetahuan, sikap, dan kemampuan siswa beserta perubahan tingkah lakunya setelah mereka terlibat dalam proses pembelajaran. Aktivitas belajar siswa adalah kegiatan yang dilakukan siswadalam mengikuti proses belajar mengajar dikelas. Keterampilan mengajar guru merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap guru karena guru memegang peranan penting dalam keberhasilan hasil belajar siswa. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan dikelas V SDN 4 Rahtawu dengan subjek penelitian 12 siswa. Penelitian ini akan dilaksanakn dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Variabel terikat dalam penelitian ini yaitu hasil belajar siswa, sedangkan variabel bebas penelitian ini yaitu model Think Pair Share (TPS) dan media PaPI. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data menggunakan analisis data kuantitaif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada ranah kognitif. Hal ini terlihat pada siklus I memperoleh presentase rata-rata hasil belajar sebesar 76,67% dan meningkat pada siklus II sebesar 82,57%. persentase peningkatan sebesar 3,64% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa hasil belajar siswa meningkat melalui model Think Pair Share. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SDN 4 Rahtawu, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media PaPI dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita. Oleh karena itu, disarankan dalam menerapkan model pembelajaran Think Pair Share guru lebih terampil, kreatif, dan inovatif dalam meningkatkan partisipasi siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I: Dr. Erik Aditia Ismaya.,S.Pd.,M.A Dosen Pembimbing II: Ika Ari Pratiwi.,S.Pd.,M.Pd |
Kata Kunci: | Hasil Belajar, Think Pair Share (TPS), Media PaPI |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 18:39 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 18:39 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20641 |
Actions (login required)
View Item |