Pengaruh penggunaan model teams game tournament dalam meningkatkan disposisi matematika siswa kelas iii sd unggulan muslimat nu kudus

PRAMESTI, AULIA HAPSARI DINAR (2023) Pengaruh penggunaan model teams game tournament dalam meningkatkan disposisi matematika siswa kelas iii sd unggulan muslimat nu kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (437kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa dalam menerima materi sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa terutama dalam pembelajaran matematika. Pembelajaran matematika memuat sikap yang harus dikembangkan oleh siswa. Sikap tersebut akan menumbuhkan disposisi matematis. Berpengaruh atau tidaknya disposisi matematis ditandai dengan peningkatan atau penurunan hasil belajar. Masalah dalam penelitian ini adalah keefektifan penggunaan model Teams Game Tournament dalam meningkatkan disposisi matematis dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengukur keefektifan penggunaan model Teams Game Tournament terhadap peningkatan disposisi matematika dan hasil belajar siswa. Teams Game Tournament merupakan model pembelajaran yang melibatkan permainan serta turnamen atau kompetisi tersistematis yang akan memberikan skor, klasemen, dan juara bagi individu atau kelompok yang berhasil mendapatkan skor terbaik untuk menumbuhkan rasa senang dan motivasi dalam belajar. Adapun langkah-langkah model Teams Game Tournament: (1) Class Presentation, (2) Team, (3) Games, (4) Tournament, dan (5) Team Recognition. Disposisi matematika adalah kesadaran dalam diri siswa untuk belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif Pre Eksperimental Design yang dilaksanakan di kelas III Imam Hambali SD Unggulan Muslimat NU Kudus dengan subjek penelitian sejumlah 30 siswa. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah peningkatan disposisi matematika dan hasil belajar siswa, sedangkan variabel bebasnya adalah model Teams Game Tournament (TGT). Teknik pengumpulan data meliputi teknik wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji t (t-test), dan analisis N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata antara hasil pretest dan postest. Rata-rata yang diperoleh pada pretest sebesar 34.2 dan pada postest sebesar 34.3. Pada nilai pretest diperoleh nilai signifikansi 0,283 > 0,05 sehingga H0 diterima. Pada nilai postest diperoleh nilai signifikansi 0,200 > 0,05 sehingga H0 diterima. Pada uji perbedaan rata-rata nilai hasil pretest dan postest tersebut menunjukkan signifikansi = 0,889 > 0,05 sehingga Ha ditolak dan H0 diterima. Pada uji gain terjadi peningkatan disposisi matematika dan hasil belajar setelah diterapkannya model pembelajaran TGT karena diperoleh rata-rata N-Gain 4,8 dan 0,0375 . Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata postest dan pretest melalui model TGT. Rata-rata tiap indikator dengan kriteria tinggi. Sehingga model TGT berpengaruh terhadap disposisi matematika dan hasil belajar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I : Siti Masfuah, S.Pd., M. Pd., Dosen Pembimbing II : Dr. Suad, M. Pd.,
Kata Kunci: Disposisi Matematika; Teams Game Tournament (TGT); Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 08 Mar 2024 20:54
Last Modified: 08 Mar 2024 20:54
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20646

Actions (login required)

View Item View Item