Pengaruh model creative problem solving (cps) berbasis eksperimen dalam kemampuan berpikir kreatif siswa kelas v sd negeri 1 woro

SUSANTI, ENDANG (2023) Pengaruh model creative problem solving (cps) berbasis eksperimen dalam kemampuan berpikir kreatif siswa kelas v sd negeri 1 woro. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (483kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Proses berpikir kreatif yang melibatkan imajinasi tinggi dapat menemukan ide untuk menciptakan hal-hal unik, menerima, memikirkan, menelaah dan memanfaatkan hasilnya dalam memecahkan permasalahan. Kemampuan berpikir kreatif di SD Negeri 1 Woro masih dapat diperbaiki, hal ini diketahui dari hasil tes, terdapat 1 siswa yang mampu mendapatkan nilai 60 dan 5 siswa menggunakan cara yang benar tetapi hasilnya masih salah. Artinya terdapat 95% siswa belum dapat mencapai nilai rata-rata pada pelajaran matematika. Permasalahan dari penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh model Creative Problem Solving (CPS) berbasis eksperimen terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V SD Negeri 1 Woro. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model CPS berbasis eksperimen terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V SD Negeri 1 Woro. Creative Problem Solving (CPS) adalah model pembelajaran dimana siswa dapat lebih aktif dalam pembelajaran, mampu untuk menghasilkan ide yang beragam, menganalisis masalah dan mencari solusi yang tepat. Berpikir kreatif adalah kegiatan untuk menemukan ide baru, mengungkapkan pendapat, menemukan solusi alternatif dari bebagai sudut pandang, melakukan elaborasi, memperkaya rincian dan logis dalam menyelesaikan permasalahan. Penelitian Ekperimen berbentuk one group pretest-posttest design dilaksanakan di kelas V SD Negeri 1 Woro dengan subjek penelitian 18 siswa dan guru kelas, yang berlangsung selama 6 pertemuan. Variabelnya yaitu kemampuan berpikir kreatif. Teknik pengumpulan datanya meliputi teknik tes Pretest dan Posttest, observasi dan dokumentasi. Analisis data digunakan analisis data kuantitatif dengan uji t-test paired dan uji N-gain. Hasil penelitian membuktikan bahwa pengaruh model Creative Problem Solving dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V pada mata pelajaran matematika dengan nilai uji paired sample t-test sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya berpengaruh pada berpikir kreatif siswa. Dan melalui uji N-Gain mendapatkan nilai 77 > 70 yang artinya efektif pada peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V SD N 1 Woro. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model CPS berbasis eksperimen efektif diterapkan pada materi bangun ruang di SD N 1 Woro. Saran yang diajukan adalah penggunakaan model CPS lebih mengoptimalkan waktu dan memperdalam materi pada saat diskusi.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I : Sekar Dwi Ardianti, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II : Denni Agung Santoso, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Creative Problem Solving, Berpikir Kreatif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 12 Mar 2024 19:21
Last Modified: 12 Mar 2024 19:21
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20649

Actions (login required)

View Item View Item