SUSANTI, ENDANG (2023) Pengaruh model creative problem solving (cps) berbasis eksperimen dalam kemampuan berpikir kreatif siswa kelas v sd negeri 1 woro. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (245kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (156kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (483kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (184kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (92kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (252kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Proses berpikir kreatif yang melibatkan imajinasi tinggi dapat menemukan ide untuk menciptakan hal-hal unik, menerima, memikirkan, menelaah dan memanfaatkan hasilnya dalam memecahkan permasalahan. Kemampuan berpikir kreatif di SD Negeri 1 Woro masih dapat diperbaiki, hal ini diketahui dari hasil tes, terdapat 1 siswa yang mampu mendapatkan nilai 60 dan 5 siswa menggunakan cara yang benar tetapi hasilnya masih salah. Artinya terdapat 95% siswa belum dapat mencapai nilai rata-rata pada pelajaran matematika. Permasalahan dari penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh model Creative Problem Solving (CPS) berbasis eksperimen terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V SD Negeri 1 Woro. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model CPS berbasis eksperimen terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V SD Negeri 1 Woro. Creative Problem Solving (CPS) adalah model pembelajaran dimana siswa dapat lebih aktif dalam pembelajaran, mampu untuk menghasilkan ide yang beragam, menganalisis masalah dan mencari solusi yang tepat. Berpikir kreatif adalah kegiatan untuk menemukan ide baru, mengungkapkan pendapat, menemukan solusi alternatif dari bebagai sudut pandang, melakukan elaborasi, memperkaya rincian dan logis dalam menyelesaikan permasalahan. Penelitian Ekperimen berbentuk one group pretest-posttest design dilaksanakan di kelas V SD Negeri 1 Woro dengan subjek penelitian 18 siswa dan guru kelas, yang berlangsung selama 6 pertemuan. Variabelnya yaitu kemampuan berpikir kreatif. Teknik pengumpulan datanya meliputi teknik tes Pretest dan Posttest, observasi dan dokumentasi. Analisis data digunakan analisis data kuantitatif dengan uji t-test paired dan uji N-gain. Hasil penelitian membuktikan bahwa pengaruh model Creative Problem Solving dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V pada mata pelajaran matematika dengan nilai uji paired sample t-test sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya berpengaruh pada berpikir kreatif siswa. Dan melalui uji N-Gain mendapatkan nilai 77 > 70 yang artinya efektif pada peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V SD N 1 Woro. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model CPS berbasis eksperimen efektif diterapkan pada materi bangun ruang di SD N 1 Woro. Saran yang diajukan adalah penggunakaan model CPS lebih mengoptimalkan waktu dan memperdalam materi pada saat diskusi.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I : Sekar Dwi Ardianti, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II : Denni Agung Santoso, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Creative Problem Solving, Berpikir Kreatif |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 12 Mar 2024 19:21 |
Last Modified: | 12 Mar 2024 19:21 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20649 |
Actions (login required)
View Item |