Analisis persepsi guru terhadap pelaksanaan kurikulum merdeka belajar di sd negeri gembong 01

NURHALIMAH, NURHALIMAH (2023) Analisis persepsi guru terhadap pelaksanaan kurikulum merdeka belajar di sd negeri gembong 01. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal Judul.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab I.pdf - Published Version

Download (669kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (963kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (405kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai persepsi guru terhadap pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar di SD Negeri Gembong 01 dan mengidentifikasi berbagai dampak yang ditimbulkan dari pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar di SD Negeri Gembong 01. Persepsi guru dapat memberikan konstribusi bagi dunia pendidikan dan sebagai referensi untuk menambah wawasan mengenai Persepsi Guru Terhadap Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Persepsi merupakan sebuah proses menafsirkan informasi dari lingkungan dan stimulus yang diterima oleh alat indera yang diteruskan ke otak untuk diseleksi, ditafsirkan, dan diorganisasikan sehingga menimbulkan penilaian dari penginderaan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif-studi fenomenologi. Tempat penelitian ini akan dilaksanakan di SD Negeri Gembong 01. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Keabsahan data menggunakan keabsahan data kredibilitas. Analisis data kualitatif menggunakan model Miles dan Huberman (1994). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perepsi guru terhadap pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar di SD Negeri Gembong 01, yaitu 1) Pelaksanaan Kurikulum Merdeka belajar diperlukan kesiapan yang matang. 2) Guru merasa terbantu dengan PMM. 3) Merdeka Belajar memberi keleluasaan guru dan peserta didik. Dampak dari pelaksanaan Kurikulum Merdeka belajar, yaitu 1) meningkatkan kompetensi guru. 2) Pembelajaran menarik dan menyenangkan bagi peserta didik. 3) Dapat mengembangkan karakter positif peserta didik. Peneliti menemukan adanya kendala pelaksanaan Merdeka Belajar yaitu keterbatasan pemahaman teknologi, fasilitas kurang mencukupi, dan keterbatasan sumber belajar. Kesimpulan penelitian ini yaitu Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar di SD Negeri Gembong 01 diperoleh persepsi positif guru. Persepsi guru didapatkan dari pengalamannya dalam menerapkan Kurikulum Merdeka belajar dan pelaksanaan Kurikulum merdeka Belajar membawa dampak positif. Namun pelaksanaan Merdeka Belajar masih terdapat berbagai kendala yang dihadapi guru.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I : Ika Ari Pratiwi, M.Pd. Dosen Pembimbing II : Much Arsyad Fardani, M.Pd.
Kata Kunci: Persepsi Guru, Kurikulum Merdeka Belajar, Sekolah Dasar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 12 Mar 2024 19:34
Last Modified: 12 Mar 2024 19:34
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20651

Actions (login required)

View Item View Item