Pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan emsa terhadap pemahaman konsep tematik tema 8 subtema 1 kelas v sdn 1 bategede

Putri, Dewi Aulia (2023) Pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan emsa terhadap pemahaman konsep tematik tema 8 subtema 1 kelas v sdn 1 bategede. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
Text (halaman judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
Text (bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB 2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Pembelajaran yang masih berpusat pada guru menyebabkan siswa bergantung pada guru dan berdampak pada pemahaman konsepyang dimiliki siswa. Berdasarkan wawancara dan observasi yang dilakukan di SDN 1 Bategede , pembelajaran hanya sebatas menyampaikan materi. Masalah dalam penelitian ini yaitu apakah kemampuan pemahaman konsep siswa mencapai KKM, terdapat peningkatan rata-rata sebelum dan sesudah penerapan model dan seberapa besar peningkatan pemahaman konsep siswa dari hasil pre-test dan post-test menggunakan model discovery learning berbantuan EMSA. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep siswa mencapai KKM, terdapat peningkatan rata-rata sebelum dan sesudah penerapan model dan besar peningkatan pemahaman konsep siswa dari hasil pre-test dan post-test menggunakan model discovery learning berbantuan EMSA. Discovery learning merupakan model pembelajaran yang mengaktifkan siswa untuk menemukan dan memecahkan konsep secara mandiri. EMSA adalah e-modul yang dirancang dengan sedemikian rupa untuk menunjang pembelajaran yang memuat materi siklus air. Penelitian kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest ini dilaksanakan di SDN 1 Bategede pada kelas V dengan subjek penelitian sebanyak 27 siswa pada 3 pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi, tes dan studi pendahuluan menggunakan instrument pedoman wawancara, lembar observasi, dokumentasi, dan soal tes. Validitas penelitian menggunakan validitas isi expert judgement dalam bidang IPA. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif , uji t one sample test, uji t paired sample t test, dan uji N-Gain. Hasil penelitian ini dipoleh nilai thitung (7,389) > ttabel (2,0518) sehingga Ha diterima yaitu siswa memperoleh nilia diatas KKM dengan rata-rata 84,3 dan ketuntasan sebesar 100%, Terdapat peningkatan sebelum dan sesudah penerapan model discovery learning berbantuan EMSA dengan nilai signifikan t-test sig 0,000 < 0,05 dan besar peningkatan pemahaman konsep siswa berdasarkan hasil pretest-posttest yaitu 0,5970 dengan kriteria sedang (efektif). Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dan peningkatan model discovery learning berbantuan EMSA terhadap pemahaman konsep tematik tema 8 subtema 1 kelas V SDN 1 Bategede. Pembelajaran hendaknya dapat memaksimalkan model dan media yang digunakan sehingga siswa lebih aktif selama pembelajaran dan meningkatkan pemahaman konsep siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Sekar Dwi Ardianti, SPd., M.Pd. Dosen Pembimbing 2: Dr. Khamdun, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Discovery Learning, Pemahaman Konsep, E-Modul
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 12 Mar 2024 19:32
Last Modified: 12 Mar 2024 19:32
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20652

Actions (login required)

View Item View Item