Pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas iv pada mata pelajaran matematika

FADLIYANA, ANNISA (2023) Pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas iv pada mata pelajaran matematika. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
Text (halaman judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (424kB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (47kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstrak

Pada hakikatnya berhasil tidaknya seseorang dalam belajar disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi pencapaian hasil belajar. Beberapa faktor tersebut berasal dari dalam diri (internal) dan dari luar diri (eksternal). Minat dan motivasi merupakan dua faktor internal siswa untuk belajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika. (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika. (3) Untuk mengetahui pengaruh minat dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika. Minat adalah rasa ketertarikan untuk mengerjakan suatu kegiatan tanpa adanya paksaan dari siapapun dan dengan hati senang. Motivasi adalah suatu kekuatan yang mendorong mereka belajar untuk mendapatkan hasil yang terbaik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku umum yang dialami siswa setelah menyelesaikan kegiatan belajar selama proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah ex-post facto. Penelitian ini dilakukan di SD Unggulan Muslimat NU Kudus. Variabel bebas yaitu minat dan motivasi belajar sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar. Sampel pada peneltian ini yaitu siswa kelas IV Al-Maraghy tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi linier sederhana, dan uji regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian uji regesi sederhana minat belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar sebesar 12,1 %. Pada variabel motivasi belajar terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar sebesar 20,8 %. Sedangkan untuk uji regresi linier berganda minat dan motivasi belajar memiliki pengaruh secara bersama-sama dan signifikan terhadap hasil belajar sebesar 18,4%. Hasil kesimpulan dari penelitian ini dapat dibuktikan bahwa tingkat minat belajar siswa dalam kategori baik sebesar 69,4% (25 siswa) sedangkan tingkat motivasi belajar siswa dalam kategori baik sebesar 75% (27 siswa). Minat belajar dan motivasi belajar siswa berpengaruh secara bersama-sama dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika dengan nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 (0,013 < 0,05).

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Sekar Dwi Ardianti, S.Pd., M.Pd., Dosen Pembimbing 2: Denni Agung Santoso, S.Pd., M.Pd.,
Kata Kunci: Minat Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 12 Mar 2024 19:40
Last Modified: 12 Mar 2024 19:40
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20653

Actions (login required)

View Item View Item