DAMAYANTI, APRITA NUR (2023) Pengaruh pembelajaran berbasis kearifan lokal pati berbantuan modul pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas iv sd negeri jrahi 01. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (halaman judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (931kB) | Preview |
Preview |
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (352kB) | Preview |
Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (394kB) | Request a copy |
|
Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (571kB) | Request a copy |
|
Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (512kB) | Request a copy |
|
Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (245kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (491kB) | Preview |
Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (12MB) | Request a copy |
Abstrak
Proses pembelajaran pada penelitian ini memuat permasalahan bagaimana pengaruh pembelajaran berbasis kearifan lokal dapat meningkatkan rata-rata hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan rata-rata hasil belajar siswa kelas IV SD N Jrahi 01 dengan menggunakan pembelajaran berbasis kearifan lokal dengan berbantuan modul pembelajaran sehingga dapat diketahui pengaruhnya. Pembelajaran berbasis kearifan lokal adalah pembelajaran dengan mengaitkan materi pembelajaran dengan kondisi disekitar, dapat meliputi kodisi alam, perbedan agama, tradisi, maupun kebiasaan yang dilakukan oleh suatu masyarakat tertentu dengan tujuan tercapainya tujuan pembelajaran. Modul Pembelajaran adalah bahan ajar yang didalamnya terdapat materi dengan ringkas dan sistematis yang memudahkan siswa untuk mengerti materi pembelajaran. Penelitian kuantitatif ini dilaksanakan di SD Negeri Jrahi 01 Kabupaten Pati dengan subjek penelitian yaitu 20 siswa dengan 7 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian One Group Pretest Postest dengan teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi soal pretest dan postest serta dokumentasi. Analisis data yang akan digunakan adalah dengan analisis kuantitatif menggunakan rumus statistika dengan diberikan deskripsi penjelas berupa uji Paired T-test dan uji N-gain Hasil penelitian membuktikan bahwa pembelajaran berbasis kearifan lokal Pati berbantuan modul pembelajaran dapat meningkatkan rata-rata hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Jrahi 01. Sebelum diberikan perlakuan mendapatkan 60,5 dan setelah perlakuan mendapatkan 80,5 yang artinya terdapat peningkatan sebanyak 15%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran berbasis kearifan lokal berbantuan modul pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD N Jrahi 01. Penelitian dengan menerapkan pembelajaran berbasis kearifan lokal Pati berbantuan modul pembelajaran dapat digunakan sebagai hal yang menarik sehingga siswa dapat memahami materi IPAS.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1: Ika Oktavianti, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing 2: Sekar Dwi Ardianti, S.Pd., M.Pd |
Kata Kunci: | Hasil Belajar, Kearifan Lokal, Modul Pembelajaran |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 12 Mar 2024 19:51 |
Last Modified: | 12 Mar 2024 19:51 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20655 |
Actions (login required)
View Item |