Analisis dampak pemberian reward dan punishment terhadap hasil belajar pendidikan pancasila siswa kelas v sd negeri 02 tempur

SAFARI, RISKA ARDILLA (2023) Analisis dampak pemberian reward dan punishment terhadap hasil belajar pendidikan pancasila siswa kelas v sd negeri 02 tempur. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
Text (halaman judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (436kB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Permasalahan yang mendasari penelitian ini yaitu siswa yang kurang aktif dan merasa bosan serta motivasi belajar yang rendah mengakibatkan siswa sulit menguasai materi sehingga hasil belajar beberapa siswa rendah. Hal tersebut peneliti temukan saat melakukan studi pendahuluan di SD Negeri 02 Tempur. Bahwa siswa merasa bosan dan jenuh, siswa tidak memperhatikan guru dan asik bercanda dengan siswa lain sehingga tidak menguasai materi saat kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan serta dampak pemberian reward dan punishment terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas V SD Negeri 02 Tempur. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif studi kasus yang dilaksanakan di SD Negeri 02 Tempur. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), paparan data (data display) dan kesimpulan atau verifikasi (conclusion drawing/verifying). Bentuk reward yang diberikan berupa reward verbal (pujian), non verbal (gesture) dan nilai tambahan. Reward diberikan pada siswa yang mampu menjawab pertanyaan saat pembelajaran, mampu menjawab kuis dengan cepat dan tepat, mampu bertanya saat pembelajaran, serta mampu berdiskusi dengan baik dan dapat mempresentasikan hasil diskusi. Bentuk punishment berupa teguran atau peringatan, pemberian pertanyaan dan membersihkan kelas. Punisment diberikan ketika siswa tidak mendengarkan dan memperhatikan, berisik dan mengganggu siswa lain, dan melakukan aktivitas lain saat pembelajaran. Dampak dari pemberian reward dan punishment saat pembelajaran Pendidikan Pancasila di SD Negeri 02 Tempur berdampak positif dan negatif terhadap hasil belajar afektif siswa. Reward dapat berdampak positif pada sikap disiplin, percaya diri dan membuat siswa semangat dan termotivasi dalam belajar. Dampak positif punishment yaitu tidak mengulangi kesalahan yang pernah diperbuat dan memiliki sikap tanggung jawab. Dampak negatif reward ketika diberikan berlebihan dapat menimbulkan sifat sombong. Dampak negatif punishment membuat siswa kurang percaya diri dan menimbulkan rasa malu. Saran yang diberikan peneliti yaitu sebagai acuan untuk memperbaiki proses pembelajaran diharapkan guru lebih kreatif dan inovatif dalam memberikan reward dan punishment yang lebih menarik. Guru juga dapat menerapkan metode atau media pembelajaran yang lainnya dengan tetap menggunakan strategi reward dan punishment dengan lebih bervariasi sesuai dengan materi.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Ika Ari Pratiwi, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing 2: Siti Masfuah, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Reward dan Punishment; Hasil belajar, Pendidikan Pancasila
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 12 Mar 2024 19:58
Last Modified: 12 Mar 2024 19:58
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20657

Actions (login required)

View Item View Item