The implementation of cake application to learn speaking skill in senior high school (a pre-experimental research in sman 1 tayu, academic year 2023/2024)

UTAMI, ISNAENI FITRI (2023) The implementation of cake application to learn speaking skill in senior high school (a pre-experimental research in sman 1 tayu, academic year 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas Aplikasi Cake dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris di antara siswa dengan kemampuan rendah. Peneliti menggunakan Aplikasi Cake untuk menyampaikan pelajaran melalui video pendek yang selaras dengan kurikulum di SMAN 1 TAYU. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara dengan memasukkan materi yang disesuaikan ke dalam proses pengajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menerapkan desain pra-eksperimental dengan satu kelas. Pre-test lisan dan post-test digunakan sebagai instrumen untuk mengetahui efektivitas siswa kelas dua belas SMA N 1 TAYU. Subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dengan mengambil kelas XII MIPA 1, dengan jumlah siswa di kelas tersebut sebanyak 36 siswa. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test diperoleh nilai t hitung sebesar 13,764 dengan derajat kebebasan 35 (df = 36 - 1 = 35). Nilai t-tabel sebesar 1,69 diperoleh dari rata-rata nilai pre-test sebesar 63,08 dan nilai post-test sebesar 79,44. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan Cake App secara signifikan meningkatkan kemampuan berbicara siswa, karena nilai t-value melebihi standar t-tabel (t-test). Sebelum perlakuan, diberikan pretest dimana siswa ditugaskan untuk membuat dialog tentang menawarkan bantuan yang berhubungan dengan teman dan mempresentasikannya secara lisan di depan kelas secara individu. Setelah perlakuan, posttest dilakukan. Di sini, para siswa membuat dialog yang berfokus pada menawarkan bantuan tetapi dengan tema keluarga. Mereka kemudian mempresentasikan dialog ini secara lisan di depan kelas secara individu. Temuan dari penelitian ini menyoroti peningkatan kepercayaan diri dan kepuasan siswa saat belajar melalui aplikasi. Selain itu, peningkatan intonasi dan pengucapan selama berbicara bahasa Inggris juga terlihat. Oleh karena itu, efektivitas aplikasi kue dalam keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa kelas dua belas SMAN 1 Tayu pada tahun ajaran 2023/2024 terbukti efektif.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I : Farid Noor Romadlon, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II : Mutohhar, S.P.d., M.Pd.
Kata Kunci: Keterampilan Berbicara, Pengucapan, Aplikasi Cake, Pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 12 Mar 2024 20:38
Last Modified: 12 Mar 2024 20:38
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20663

Actions (login required)

View Item View Item