Perilaku konsumtif penggemar k-pop pada anak usia 6-12 tahun

Sari, Cristina Indah (2023) Perilaku konsumtif penggemar k-pop pada anak usia 6-12 tahun. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB1]
Preview
Text (BAB1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (820kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (887kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (406kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitan ini adalah : 1. Menganalisis gambaran perilaku konsumtif penggemar k-pop yang dilakukan oleh anak usia 6-12 tahun. 2. Mengetahui jika anak-anak penggemar k-pop lebih suka membeli barang yang berbau k-pop daripada mainan atau barang yang tidak mengandung k-pop. Setiap manusia melakukan kegiatan ekonomi dalam upaya pemenuhan kebutuhan hidupnya. Kegiatan ekonomi sering dilakukan dikehidupan seharihariyang artinya kegiatan konsumtif. Pada umumnya, jika seseorang kebutuhannya terpenuhi, maka akan timbul kebutuhan lainnya. Konsumtif merupakan kegiatan manusia dalam mencukupi kebutuhan maupun keinginan terhadap barang dan jasa. Jenis penelitian yang digunakan adalah fenomenologi. Subjek yang diteliti adalah anak-anak penggemar k-pop yang berusia 12 tahun yang suka membeli barangbarang berbau k-pop. Penyebaran k-pop memang sudah sampai diseluruh penjuru dunia termasuk juga di Indonesia. Baik anak-anak hingga orang dewasa juga menyukai tentang kpop. Hal ini dibuktikan dengan kenyataan yang ditemukan pada anak-anak penggemar k-pop yang berusia 12 tahun di Desa Wonosekar, bahwa anak-anak tersebut menyukai tentang k-pop dan membeli barang-barang yang behubungan dengan idola favoritenya. Subjek yang diteliti yaitu anak-anak penggemar k-pop usia 12 tahun di Desa Wonosekar yang Bernama MYA dan EKR. Teknik pengumpulan data meliputi Teknik wawancara, observasi, pencatatan, dan dokumentasi sedangkan untuk analisis data yang digunakan yaitu kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa infomarman pertama membeli barang-barang yang berhubungan dengan Korea karena mengikuti temannya yang membeli barang tersebut. Barang yang dibeli berupa sticker, gantungan kunci, sticky note, poster, griptok. Pembelian barang tersebut dilakukan secara offline di Sekolahan. Untuk uang yang digunakan untuk membeli yaitu uang saku yang diberikan oleh orang tua. Sedangkan untuk informan kedua membeli barang yang berhubungan dengan K-pop bukan dari dorongan dari siapapun melainkan dari diri sendiri sebagai pembuktian bahwa ia adalah seorang penggemar sejati. Barang yang dibeli berupa sticky note, kertas binder, gantungan kunci, baju, sepatu. Untuk pembelian menggunakanuang saku yang diberikan oleh orang tuanya. Yang diharapkan dapat dijadikan acuan untuk orang tua maupun orang yangmendampingi anak-anak tersebut untuk selalu mngontrol setiap pembelian yang dilakukan oleh anak-anak agar tidak melakukan pembelian barang yang tidak sesuai kebutuhan dan manfaat

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I : Dr. Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd. Dosen Pembimbing II : Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd, M.A.
Kata Kunci: Perilaku Konsumtif, K-Pop, Anak usia 6-12 Tahun
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 12 Mar 2024 20:58
Last Modified: 13 Mar 2024 00:06
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20666

Actions (login required)

View Item View Item