Penerapan model means ends analysis berbantuan media flipchart untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa kelas v sd

ADELIA, ASTARI PUTRI (2023) Penerapan model means ends analysis berbantuan media flipchart untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa kelas v sd. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
Text (HAL JUDUL)
Hal Judul.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (74kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB) | Request a copy

Abstrak

Proses pembelajaran yang konvensional menggunakan metode ceramah dapat menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa SDN 2 Blimbingrejo. Hal ini dibuktikan dengan hasil prasiklus bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa dikatakan masih perlu bimbingan. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model Means Ends Analysis berbantuan media Flipchart pada mata pelajaran matematika materi penyajian data. Means Ends Analysis merupakan suatu strategi yang menganalisis suatu masalah dengan berbagai cara sehingga diperoleh hasil atau tujuan akhir. Flipchart berupa lembaran-lembaran kertas yang seperti kalender yang diikat bagian atasnya. Flipchart berisi gambar, huruf, angka yang berhubungaan dengan materi penyajian data. Kemampuan pemecahan masalah matematis dapat diartikan sebagai kemampuan dasar seseorang dalam memikirkan suatu masalah yang dihadapi dengan mencari jalan keluarnya. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SDN 2 Blimbingrejo Jepara dengan subjek penelitian 11 siswa. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus yang terdiri dari 2 pertemuan pada setiap siklusnya. Pada setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi penyajian data pada siklus I memperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal 63,63% (kriteria cukup) dan pada siklus II memperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal 100% (kriteria sangat baik). Aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan yang memperoleh persentase ketuntasan klasikal 45,54% (kriteria kurang) dan siklus II memperoleh persentase ketuntasan klasikal 100% (kriteria sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa model Means Ends Analysis berbantuan media Flipchart yang diterapkan di kelas V SDN 2 Blimbingrejo dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan aktivitas belajar siswa. Dan diharapkan bahwa model Means Ends Analysis dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang digunakan dalam memecahkan masalah matematis.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1 : Savitri Wanabuliandari, M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 : Diana Ermawati, M.Pd.
Kata Kunci: Model Means Ends Analysis, Media Flipchart, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 12 Mar 2024 21:09
Last Modified: 12 Mar 2024 21:09
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20669

Actions (login required)

View Item View Item