Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis pada siswa kelas v sekolah dasar

DEWANTARI, ANGGUN CINTYA (2023) Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis pada siswa kelas v sekolah dasar. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
Text (HAL JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (564kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (992kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Kemampuan berpikir kreatif matematis di SD 1 Peganjaran masih belum maksimal. Hal tersebut dapat dilihat dari sebuah kurangnya antusias siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika, mereka juga menganggap bahwa soal matematika merupakan soal yang sulit untuk dikerjakan, sehingga dapat berdampak pada kemampuan berpikir kreatif siswa. Selain itu jika tidak dibimbing oleh gurunya, siswa cenderung malas untuk menyelesaikan soal secara mandiri dengan langkah-langkah yang tepat. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas V dengan kategori tinggi, sedang, dan rendah. Kemampuan berpikir kreatif matematis merupakan kemampuan untuk memecahkan suatu masalah yang dimiliki oleh siswa, sehingga dapat memunculkan sebuah ide atau gagasan baru untuk menyelesaikan suatu masalah dalam pembelajaran matematika. Terdapat empat indikator dalam kemampuan berpikir kreatif matematis yaitu Kelancaran (fluency), Keluwesan (flexibility), Kerincian (elaboration), Keaslian (origionality). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Tempat penelitian ini dilaksanakan di SD 1 Peganjaran. Subjek yang diambil dalam penelitian adalah 6 siswa berdasarkan kategori rendah, sedang dan tinggi. Teknik pengambilan subjek penelitian dilakukan dengan cara teknik purposive. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis model Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada subjek kategori tinggi T_1, dan T_2 mampu memberikan jawaban dengan baik dan lancar sesuai dengan perintah yang terdapat di soal. pada subjek dengan kategori sedang S_1, dan S_2 mempunyai kemampuan berpikir yang baik dalam memberikan jawabannya, tetapi ada subjek yang masih kesulitan mencari langkah penyelesaiannya. Pada subjek dengan kategori rendah mempunyai kemampuan berpikir yang kurang, subjek juga belum bisa memahami masalah yang terdapat di soal cerita. Kesimpulan pada penelitian ini adalah kemampuan berpikir kreatif matematis pada subjek T_1, T_2, dan S_1 mampu memenuhi indikator kelancaran, pada subjek T_1, T_2, S_1, dan S_2 mampu memenuhi indikator keluwesan, pada subjek T_1 hanya memenuhi indikator kerincian/elaborasi, dan pada subjek T_2, S_2, dan R_2 mampu memenuhi indikator dari keaslian. Kesulitan yang dihadapi oleh siswa yaitu kurangnya memahami permasalahan dalam bentuk soal cerita, dan kurangnya kemampuan dalam memberikan cara/langkah yang berbeda dalam menyelesaikan sebuah soal.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1 : F. Shoufika Hilyana, S.Si., M.Pd. DOSEN PEMBIMBING 2: Diana Ermawati, M.Pd
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif, Kemampuan Matematis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 12 Mar 2024 21:31
Last Modified: 12 Mar 2024 22:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20671

Actions (login required)

View Item View Item