Analisis kesulitan belajar matematika materi bangun datar siswa kelas iv sd 6 kandangmas ditinjau dari gaya belajar

FEVIRONIKA, DONA OKTAVIANI (2023) Analisis kesulitan belajar matematika materi bangun datar siswa kelas iv sd 6 kandangmas ditinjau dari gaya belajar. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
Text (HAL JUDUL)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (612kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (835kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (783kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (433kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh matematika yang terkesan sebagai salah satu hal yang ditakuti oleh siswa, sementara itu matematika sangat dekat dan dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Ketakutan ini juga lahir dari anggapan bahwa matematika sulit untuk dipahami. Hal ini dibuktikan dengan kenyaataan yang ditemui di SD 6 Kandangmas, sebagian siswa merasa kesulitan dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar matematika yang ditinjau dari gaya belajar siswa. Kesulitan belajar matematika merupakan suatu gangguan perkembangan kemampuan aritmatika atau keterampilan matematika yang dapat mempengaruhi pencapaian prestasi akademik. Gaya belajar merupakan cara yang konsisten yang dilakukan oleh seorang siswa dalam menangkap stimulus atau informasi, cara mengingat, berfikir dan memecahkan masalah. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dalam penelitian ini subjek yang digunakan adalah semua siswa kelas IV yang berjumlah enam siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini merupakan obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan model Milles & Huberman meliputi tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, gaya belajar yang diperoleh pada siswa kelas IV SD 6 Kandangmas yaitu 1 siswa dengan gaya belajar visual, 3 siswa dengan gaya belajar auditori, dan 2 siswa dengan gaya belajar kinestetik. Siswa dengan gaya belajar visual mengalami kesulitan belajar matematika pada aspek kelemahan dalam berhitung dan mentransfer ilmu pengetahuan, kesulitan siswa dalam belajar matematika dengan gaya belajar auditori cenderung mengalami kesulitan pada semua indikator, hal ini mengindentifikan bahwa siswa dengan gaya belajar auditori mengalami kendala kesulitan yang bervariatif, kesulitan subjek meliputi aspek kelemahan dalam berhitung, kesulitan dalam mentransfer ilmu pengetahuan dan kesalahan dalam persepsi visual, sedangkan siswa dengan gaya belajar kinestetik mengalami kesulitan belajar matematika dalam aspek kelemahan dalam berhitung dan mentransfer ilmu pengetahuan. Penelitian ini diharapkan guru perlu untuk lebih mendalami karakteristik gaya belajar siswa. Dalam pembelajaran di kelas guru dapat menyesuaikan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik gaya belajar siswa, dan tidak monoton hanya dengan menggunakan metode ceramah

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1 : Dr. Nur Fajrie, S.Pd., M.Pd. DOSEN PEMBIMBING 2 : Savitri Wanabuliandari, S.Pd., M.Pd.,
Kata Kunci: : Bangun Datar, Kesulitan Belajar Matematika, Gaya Belajar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 12 Mar 2024 23:04
Last Modified: 12 Mar 2024 23:04
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20677

Actions (login required)

View Item View Item