Penerapan model stad (student team achievment division) berbantuan modul gamasia untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa

PURNAMASARI, MITA (2023) Penerapan model stad (student team achievment division) berbantuan modul gamasia untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal Judul.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (705kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (936kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (502kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstrak

Penerapan model pembelajaran dan media pembelajaran belum sepenuhnya diterapkan oleh guru. Hal tersebut mengakibatkan pemahaman konsep siswa belum maksimal. Hal ini dibuktikan dengan kenyataan yang ditemui di SDN Karang. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis peningkatan keterampilan guru dan pemahaman konsep siswa dengan menerapkan model pembelajaran STAD (Student Team Achievment Division) berbantuan media modul gamasia di kelas V SDN Karang. Model Pembelajaran STAD (Student Team Achievment Division) merupakan salah satu strategi pembelajaran kooperatif yang kegiatan belajar mengajar dengan cara mengelompokkan siswa ke dalam kelompok-kelompok kecil dengan level kemampuan akademik yang berbeda-beda untuk saling bekerja sama dengan anggota kelompoknya dalam memahami materi pembelajaran. Pemahaman konsep merupakan kemampuan siswa untuk dapat memahami suatu konsep atau fakta dan menjawabnya dengan menggunakan kalimat sendiri tanpa mengubah arti dari konsep yang dimaksudkan. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah meningkatnya keterampilan guru dan pemahaman konsep siswa melalui penerapan model pembelajaran STAD (Student Team Achievment Division) berbantuan media modul gamasia. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN Karang dengan subjek penelitian guru dan 43 siswa yang berlangsung selama dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Variabel bebas dari penelitian ini adalah model pembelajaran STAD (Student Team Achievment Division) dan media modul gamasia sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan guru dan pemahaman konsep. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada pemahaman konsep siswa dan keterampilan mengajar guru. Pemahaman konsep siswa pada siklus I memperoleh rata-rata sebesar 78 dan meningkat pada siklus II menjadi 87. Keterampilan mengajar guru pada siklus I mencapai 77,5 dan meningkat pada siklus II menjadi 92. Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan menerapkan model STAD (Student Team Achievment Division) berbantuan modul gamasia dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa dan keterampilan mengajar guru kelas V SDN Karang pada pembelajaran tema 8 Lingkungan Sahabat Kita.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I : Sekar Dwi Ardianti, M.Pd. Dosen Pembimbing II : Ibu Siti Masfuah, M.Pd
Kata Kunci: STAD (Student Team Achievment Division), Modul Gamasia, Pemahaman Konsep Siswa, dan Keterampilan Mengajar Guru
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 12 Mar 2024 23:52
Last Modified: 12 Mar 2024 23:52
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20685

Actions (login required)

View Item View Item